jelaskan berbagai bentuk penyajian tari kreasi

Jelaskan berbagai bentuk penyajian tari kreasi

Jelaskan berbagai bentuk penyajian tari kreasi

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Tari kreasi adalah salah satu bentuk dari aliran seni tari yang memiliki beberapa bentuk penyajian dalam penampilan karya tarinya. Dalam tari kreasi, berikut adalah beberapa bentuk dari penyajian karya tarinya:

  1. Tari tunggal

Tari tunggal: jenis penyajian tari kreasi yang hanya menggunakan satu orang penari saja untuk mementaskan seluruh gerak tarinya sehingga penari tersebut memiliki kebebasan lebih untuk mengekspresikan keindahan yang ada pada gerak tarinya.

Baca Juga:  Perhatikan segitiga berikut kemudian tentukan nilai sin a cos a tan a sec a cosec a dan cotan a

 

  1. Tari berpasangan

Tari berpasangan: jenis penyajian tari kreasi yang menggunakan dua orang penari untuk mementaskan gerak tarinya. Kedua penari ini akan saling mengisi untuk menciptakan keharmonisan gerak karena kedua penari tersebut akan melakukan gerak tari yang berbeda-beda.

 

  1. Tari kelompok

Tari kelompok: jenis penyajian tari kreasi yang menggunakan lebih dari dua orang penari untuk mementaskan gerak tarinya. Sama seperti tari berpasangan, para penari juga akan menciptakan keharmonisan gerak karena adanya perbedaan gerak yang ada pada masing-masing penari.

Baca Juga:  Dua buah persegi mempunyai panjang sisi masing-masing 6 cm dan 8 cm. perbandingan luas kedua persegi itu adalah

 

Pembahasan

Tari kreasi adalah salah satu jenis aliran dalam seni tari yang merupakan hasil pengembangan dari suatu tari daerah dengan tujuan untuk mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Unsur utama dari tari kreasi adalah memprioritaskan eksplorasi gerak dan juga kreativitas dari para penarinya. Oleh karena itu, gerak tari yang ada pada tari kreasi cenderung bebas karena tidak ada aturan atau pola gerak yang mengikat pada gerak tari kreasi. Selain itu, iringan lagu yang ada pada tari kreasi juga bisa menggunakan lagu modern. Tujuan utama dari tari kreasi adalah untuk menciptakan penampilan karya tari yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Baca Juga:  Asfiksi merupakan gangguan fungsi dan kerja organ pernapasan yang secara langsung akan berdampak pada