Kombinasi gerak berjalan mengayun dan menekuk dilakukan dengan tongkat

Kombinasi gerak berjalan mengayun dan menekuk dilakukan dengan tongkat

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

 

DAFTAR ISI

Jawaban

Berikut cara melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun menggunakan tongkat berpita​.

  • Pertama, kaki kiri melangkah ke depan, tangan kanan mengayunkan tongkat berpita ke depan lalu kaki kanan melangkah ke depan tongkat berpita​ diayunkan ke belakang.
  • Kedua, lutut ditekuk tongkat berpita​ diayunkan ke atas kemudian tongkat berpita​ diayunkan ke belakang, kedua lutut diluruskan kembali dan badan tegap kembali.
Baca Juga:  Massa jenis air laut 1025 kg/m³,percepatan gravitasi 10m/s².Berat Benda tersebut adalah?

 

Penjelasan

Senam merupakan latihan fisik yang disusun secara sistematis, melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana, untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Olahraga senam mempunyai sistematika tersendiri, dan tujuan yang hendak dicapai seperti, daya tahan, kekuatan, kelentukan, koordinasi, prestasi, pembentukan tubuh dan memelihara kesehatan.

 

Senam irama atau senam ritmik adalah suatu perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya. Irama yang mengiringinya dapat menggunakan tepukan tangan, ketukan, tambure, nyanyian, musik dan sebagainya.

Baca Juga:  Energi yang dipancarkan matahari berasal dari reaksi fusi unsur

 

Senam ritmik dibedakan menjadi senam tanpa alat dan senam dengan alat. Alat yang dapat digunakan dalam senam ritmik di antaranya pita, tongkat, bola, topi, dan sebagainya.

 

Prinsip gerakan dalam senam irama ditentukan oleh:

  • Irama
  • Kelentukan tubuh dalam gerakan (fleksibilitas).
  • Kontinuitas gerakan.