Paku berada dalam medan magnet dan dapat menarik paku lain yang ada di dekatnya disebut Induksi / Induksi Magnet

Paku Berada Dalam Medan Magnet Dan Dapat Menarik Paku Lain Didekatnya. Kejadian Itu Disebut

Paku Berada Dalam Medan Magnet Dan Dapat Menarik Paku Lain Didekatnya. Kejadian Itu Disebut

LIHAT KUNCI JAWABAN

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Penyeleseian

Paku berada dalam medan magnet dan dapat menarik paku lain yang ada di dekatnya disebut Induksi / Induksi Magnet.

 

 

Pembahasan

Cara Membuat Magnet

  1. Menggosok, caranya adalah dengan menggosokkan magnet permanen pada benda yang ingin dijadikan magnet. Gosokkan secara satu arah dengan beraturan. Gerakan yang searah dan beraturan membuat aliran magnet permanen terhadap benda menjadi terpengaruh magnet. Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, hanya perlu melihat ujung magnet permanen yang digosokkan. Maka, benda yang digunakan untuk menerima aliran magnet adalah kutub yang berlawanan dengan ujung magnet permanen.
  2. Elektromagnetik, tumpuk dua batu baterai untuk dihubungkan dengan kabel kumparan. Hubungkan kedua ujung kabel dengan kutub positif dan negatif baterai. Jangan lupa untuk mengupas ujung kabel kumparan menggunakan gunting. Selanjutnya, lilitkan kabel pada paku besi.
  3. Induksi, siapkan magnet permanen dengan benda yang ingin diubah menjadi magnet. Letakkan dua benda tersebut secara berdekatan dengan posisi vertikal. Kemudian, letakkan jarum atau benda lain yang bisa menempel dengan magnet. Pastikan posisi magnet permanen dan konduktor tidak berubah-ubah. Amati gerakan jarum yang telah diletakkan di bawah konduktor. Pelan-pelan, jarum tersebut akan menempel pada konduktor.
Baca Juga:  Sebutkan contoh iklan media cetak