Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos

Soal

Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos

 

Jawaban

Benda di sekitar yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos adalah:

  • Kulkas
  • Penanak nasi
  • Oven Microwave
  • Panci presto

 

Pembahasan

Termos memiliki prinsip kerja menjaga minuman di dalamnya agar tetap hangat denganmenghambat perpindahan panas dengan menggunakan lapisan vakum (hampa udara) dan tutup yang rapat (kedap udara). Bentuk susunan termos ini menghalangi perpindahan panas, baik secara konveksi maupun konduksi.

Baca Juga:  Sebutkan teknik pengolahan bahan pangan

 

Konveksi adalah perpindahan panas akibat panas akibat pergerakan medium penghantar panas. Persebaran panas ini dihambat karena udara tidak bisa keluar masuk termos sehingga panas tidak bisa keluar bersama aliran udara.

 

Konduksi adalah perpindahan panas akibat kontak atau sentuhan. Termos menghalangi konduksi karena tidak ada medium perambatan panas pada ruang vakum yang berada di sisi termos.

Baca Juga:  Jelaskan ciri-ciri vokal grup dalam lagu popular

 

Prinsip serupa diterapkan pada kulkas, penanak nasi, Panci presto dan oven microwave. Pada ketiga perangkat ini, terdapat insulasi atau penutup yang mencegah adanya keluar masuk udara, sehingga suhu di dalam perangkat tetap stabil. Insulasi ini biasanya berupa karet atau bahan lain yang bukan merupakan konduktor panas.

 

Pada kulkas, insulasi suhu ini menjaga isi kulkas tetap dingin, karena panas dari luar tidak masuk. Sementara pada penanak nasi, Panci presto dan oven microwave, insulasi menghambat panas di dalam perangkat agar tidak keluar, sehingga mempercepat pemanasan nasi.

Baca Juga:  Jelaskan alasan gejala sosial bersifat kualitatif