Bola mengenai antenna rod dan kembali arena permainan pada net bola voli dinyatakan

Bola mengenai antenna rod dan kembali arena permainan pada net bola voli dinyatakan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Penyeleseian

Bola mengenai antenna road dan kembali arena permainan pada net bola voli dinyatakan:

  • Jika bola menyentuh rod dan jatuh di daerah sendiri maka poin dinyatakan milik lawan
  • Jika bola menyentuh rod dan jatuh di daerah lawan maka poin dinyatakan milik tim
  • Bila permainan bola voli melewati luar road/antene maka bola tersebut dinyatakan mati atau keluar (out) dan pihak lawan akan mendapat satu poin.
Baca Juga:  Suatu proyek dapat diselesaikan selama 30 hari oleh 15 orang. Setelah bekerja 6 hari proyek tersebut terhenti selama 4 hari. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama agar pekerjaan selesai tepat waktu, jumlah pekerja tambahan yang dibutuhkan adalah

 

Pembahasan

Antena atau juga disebut dengan road antena termasuk dalam sarana dan prasarana yang diperlukan dalam permainan bola voli.

 

Dikutip dari modul Melatih Gerak dengan Bola (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sarana dan prasarana yang digunakan dalam permainan bola voli terdiri dari net, bola, dan lapangan.

 

Sementara itu, sarana dan prasarana yanga digunakan oleh tim yang bertanding meliputi kaus tim dan sepatu olahraga. Selain itu, ada beberapa prasarana standar yang telah ditentukan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Baca Juga:  Jelaskan 3 manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani

 

FIVB telah menentukan sarana dan prasarana standar bola voli yang meliputi lapangan, bola, net, dan road. Adapun, road antena (juga disebut rod antene) merupakan adalah bagian dari jaring (net).

 

Antena adalah tongkat atau batang fleksibel yang berfungsi sebagai pembatas samping dari area penyebarangan bola. Antena terdiri dari dua batang yang dapat disambungkan. Dua antena direkatkan di tepi sisi luar net dan ditempatkan di sisi net yang berlawanan.

 

Antena dianggap sebagai bagian dari net dan secara garis lurus membatasi ruang persimpangan. Bila permainan bola voli melewati luar road/antene maka bola tersebut dinyatakan mati atau keluar (out) dan pihak lawan akan mendapat satu poin.

Baca Juga:  Senam irama sangat mementingkan unsur

 

Road antena adalah tongkat atau batang lentur yang dijadikan sebagai pembatas samping dari area penyebarangan bola. Ukuran road antena adalah panjang 1,80 meter dan bergaris tengah 10 milimeter.

 

Antena dipasang di bagian luar dari setiap pita samping. Tinggi antena di atas net adalah 80 cm dan diberi garis yang berwarna kontras sepanjang 10 cm.