Yang mendapat julukan bapak geografi sosial modern yaitu Alexander Von Humboldt

Yang mendapat julukan bapak geografi sosial modern yaitu

Dalam artikel kali ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban dengan soal pertanyaan yang mendapat julukan bapak geografi sosial modern yaitu

 

Berikut ini Jawaban dan pembahasan dari soal di atas yang bisa kamu jadikan referensi.

 

Soal

Yang mendapat julukan bapak geografi sosial modern yaitu

A. Ferdinand Von Ricthoffen

B. Richard Hartshorne

C. Alexander Von Humboldt

D. Paul Vidal de la Blache

E. Claudius Ptolomeus

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Yang mendapat julukan bapak geografi sosial modern yaitu Alexander Von Humboldt (jawaban C)

 

Pembahasan

Abad Ke-19: Masa Lahir Geografi Sosial Modern

Pada abad ke-19, dunia menyaksikan perkembangan pesat dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk geografi. Salah satu tokoh yang menjadi tonggak penting dalam perkembangan geografi modern adalah Alexander von Humboldt. Pria asal Jerman ini, yang sering disebut sebagai “Bapak Geografi Sosial Modern,” telah memberikan kontribusi besar dalam menjembatani kajian geografi dengan berbagai aspek sosial. Artikel ini akan menjelaskan peran dan kontribusi penting Alexander von Humboldt dalam perkembangan geografi sosial modern.

Baca Juga:  Berapa luas seluruh wilayah pulau jawa

 

Pemahaman Awal tentang Alexander von Humboldt

Alexander von Humboldt lahir pada tanggal 14 September 1769 di Berlin, Jerman. Ia tumbuh dalam keluarga yang berpendidikan, dan minatnya dalam bidang sains dan geografi mulai muncul sejak usia dini. Humboldt adalah seorang penjelajah, ilmuwan alam, geograf, dan penulis buku terkenal yang memainkan peran kunci dalam mengubah cara kita memahami dunia.

 

Salah satu aspek yang membuat Alexander von Humboldt begitu menonjol adalah jiwa petualangannya. Ia melakukan perjalanan yang panjang dan penuh tantangan ke berbagai penjuru dunia, termasuk Amerika Latin dan Siberia. Selama perjalanan tersebut, Humboldt mengumpulkan data geografis, geologis, biologis, dan astronomis yang sangat berharga.

Baca Juga:  Pembangunan manusia di suatu negara atau wilayah diukur dengan

 

Geografi Sosial: Merangkul Manusia dan Alam

Salah satu konsep utama yang diperkenalkan oleh Humboldt adalah ide geografi sosial. Ia meyakini bahwa geografi harus memahami interaksi kompleks antara manusia dan alam. Dalam karyanya, Humboldt mencoba untuk menjelaskan hubungan erat antara faktor-faktor geografis dan aspek sosial seperti budaya, ekonomi, dan politik.

 

Alexander von Humboldt menjelaskan bahwa semua elemen geografis, termasuk iklim, flora, fauna, dan topografi, mempengaruhi perkembangan masyarakat dan budaya di suatu wilayah. Sebagai contoh, dalam penelitiannya di Amerika Latin, Humboldt memahami bagaimana lingkungan fisik, seperti perbedaan iklim dan jenis tanah, mempengaruhi jenis pertanian yang dilakukan oleh penduduk setempat.

 

Penggunaan Teknologi Modern

Salah satu alasan mengapa Humboldt dianggap sebagai pionir dalam geografi sosial modern adalah penggunaannya yang canggih pada teknologi ilmiah pada zamannya. Ia membawa peralatan ilmiah yang sangat lengkap dalam ekspedisinya, termasuk alat ukur cuaca, termometer, barometer, dan bahkan perekam data.

Baca Juga:  Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal

 

Menginspirasi Generasi Berikutnya

Karya-karya Humboldt dan konsep geografi sosialnya sangat memengaruhi banyak ilmuwan dan geograf di masa depan. Banyak ahli geografi yang meneruskan penelitian dan pendekatan Humboldt dalam menjelajahi interaksi antara manusia dan alam.

 

Alexander von Humboldt, Bapak Geografi Sosial Modern, tidak hanya mengubah cara kita memahami geografi, tetapi juga menginspirasi generasi ilmuwan dan penjelajah selanjutnya. Kontribusinya yang komprehensif dalam menerapkan ilmu alam pada aspek-aspek sosial membuatnya menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah geografi. Perjalanannya yang panjang, penggunaan teknologi ilmiah canggih, dan konsep geografi sosial yang revolusioner telah membantu membentuk pandangan kita tentang dunia.

 

Dengan demikian, kita dapat melihat bagaimana Alexander von Humboldt telah memberikan kontribusi penting dalam membentuk geografi sosial modern dan meninggalkan warisan ilmiah yang sangat berharga untuk dunia. Pemahaman komprehensifnya tentang interaksi antara manusia dan alam terus mempengaruhi cara kita memandang lingkungan sekitar kita.