Suatu alat pemuas kebutuhan bisa saja banyak tersedia dan mudah memperolehnya akan tetapi menjadi langka apabila banyak yang membutuhkan

Suatu alat pemuas kebutuhan bisa saja banyak tersedia dan mudah memperolehnya akan tetapi menjadi langka apabila

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal suatu alat pemuas kebutuhan bisa saja banyak tersedia dan mudah memperolehnya akan tetapi menjadi langka apabila

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Suatu alat pemuas kebutuhan bisa saja banyak tersedia dan mudah memperolehnya akan tetapi menjadi langka apabila

Baca Juga:  Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang

A. banyak yang membutuhkan

B. tidak mengandung nilai ekonomis

C. tidak ada peminatnya

D. banyak ditemukan di mana saja

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Suatu alat pemuas kebutuhan bisa saja banyak tersedia dan mudah memperolehnya akan tetapi menjadi langka apabila banyak yang membutuhkan (jawaban A)

 

Pembahasan

Sarana pemuas kebutuhan dapat berupa barang atau jasa yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap manusia memiliki keinginan dan kebutuhannya masing-masing.

Baca Juga:  Mengapa kita harus memperhatikan pesaing bisnis kita dalam menentukan harga

 

Kebutuhan muncul karena niat seseorang untuk memuaskan semua yang dibutuhkan dalam hidupnya.

 

Mengutip buku Papuanomic (2016) karya Hariman Dahrif dan Subandriyo, keinginan manusia tidak ada batasnya, tetapi sarana untuk memenuhi kebutuhan atau ketersediaan sumber daya alam terbatas.

 

Sarana untuk memenuhi kebutuhan dibatasi oleh ketersediaan sumber daya alam yang terbatas, serta keterampilan dan pengalaman manusia yang terbatas dalam memanipulasi sumber daya tersebut.

Baca Juga:  Rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia

 

Hal ini ditambah dengan banyaknya keinginan dan kebutuhan manusia. Sehingga sarana untuk memenuhi kebutuhan menjadi semakin terbatas.

 

Menurut Adi Sutrisno, dkk dalam buku Pengantar Sosial Ekonomi dan Budaya Kawasan Perbatasan (2020), manusia selalu memiliki keinginan yang tidak terbatas untuk memenuhi kebutuhannya.