Perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena Letaknya strategis di tepi Selat Malaka

Perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena

A. Runtuhnya peranan pelabuhan Malaka

B. Ramainya perdagangan di Selat Malaka

C. Letaknya strategis di tepi Selat Malaka

D. Daerah kekuasaannya sangat luas

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena Letaknya strategis di tepi Selat Malaka (jawaban C)

 

Pembahasan

Faktor Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya Berkembang Pesat

  1. Mampu menguasai Selat Malaka

Menurut Kebeb Choleh dalam jurnal Sriwijaya Trade Shipping and its Relations with Foreign Countries in the 7th and 9th century Masehi, perdagangan kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat karena kemampuannya menguasai Selat Malaka.

Baca Juga:  Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

 

Selat Malaka sendiri merupakan jalur pelayaran yang digunakan oleh pelayaran internasional sejak abad kedua Masehi.

 

Saat itu, Selat Malaka menjadi jalur perdagangan yang strategis. Sriwijaya yang dikenal sebagai Kerajaan Penguasa Lautan atau Sea, mengincar Selat Malaka untuk menjadi wilayahnya. Keinginan mereka berhasil setelah Sriwijaya terlebih dahulu menaklukkan kawasan strategis di sekitar Palembang.

 

  1. Mampu menguasai Selat Bangka

Selain menguasai Selat Malaka, kerajaan bahari ini juga berhasil menguasai Selat Bangka. Selat Bangka juga merupakan jalur strategis bagi pelayaran niaga.

 

Selat Bangka terletak di sebelah timur Palembang atau kepulauan paling terpencil dari rantai pulau Semenanjung Melayu, Riau Lingga, dan menuju Pulau Bangka.

 

Wilayahnya penting karena letak Selat Bangka yang berhadapan langsung dengan pertemuan muara Sungai Musi dan laut secara geografis memberikan indikasi pada masa Kerajaan Sriwijaya bahwa Selat Bangka dapat dijadikan sebagai pintu masuk utama para pedagang. yang ingin berkunjung atau berdagang di pusat Kerajaan Sriwijaya, Palembang.

Baca Juga:  Sejarah Danau Tolire

 

  1. Menjaga keamanan laut yang dikuasainya

Faktor lain yang mendukung Sriwijaya mengalami kemajuan perdagangan yang pesat adalah terjaganya keamanan laut yang dikuasainya. Kerajaan Sriwijaya mengerahkan pasukannya dan bekerja sama dengan para perompak untuk menjaga laut tetap aman dan terkendali sehingga proses perdagangan dapat berjalan tanpa hambatan yang berlebihan.

 

  1. Perencanaan pembangunan yang cermat

Apalagi perdagangan di kerajaan Sriwijaya berkembang pesat, terutama karena perencanaan pembangunan yang matang pula. Hal ini terlihat dari pelabuhan-pelabuhan Sriwijaya yang tampaknya dibangun dengan perencanaan yang matang berdasarkan warisan budayanya.

 

  1. Lokasi strategis

Kerajaan Sriwijaya memiliki letak yang strategis karena Selat Bangka merupakan salah satu wilayah yang dikuasainya yang merupakan bagian dari pusat pemerintahan Palembang, yaitu Sungai Musi yang merupakan jalur masuknya perdagangan. Akibatnya, jalur pelayaran ini menghasilkan banyak pedagang internal dan eksternal dan membuat kerajaan Sriwijaya sukses secara ekonomi.

 

  1. Memiliki angkatan laut modern

Kerajaan Sriwijaya berhasil membangun armada yang terdiri dari para pelaut nomaden. Angkatan laut ini lebih kuat dari armada negara tetangga saat itu. Pada abad ketujuh Masehi, angkatan laut mereka akhirnya menguasai jalur perdagangan laut melalui Asia Tenggara.

Baca Juga:  Penelitian dalam bidang ilmu sejarah yang bertujuan mencari kebenaran peristiwa termasuk penelitian

 

TNI Angkatan Laut juga menetapkan pelayaran yang aman bagi para pedagang yang singgah di pelabuhan Sriwijaya. Hal ini mengakibatkan Sriwijaya berhasil menjalin hubungan diplomatik antar negara dan menjamin perdamaian dan kenyamanan bagi setiap pengusaha.

 

  1. Memantau perdagangan komoditas

Akhirnya perdagangan di kerajaan Sriwijaya berkembang pesat karena kemampuannya menguasai perdagangan komoditi. Saat itu penguasaan perdagangan komoditas merupakan salah satu hal yang paling diinginkan dan diproduksi sendiri dari tangan para pedagang.

 

Alhasil, kerajaan Sriwijaya menjadi penghasil barang dagangan yang melimpah.

 

8. Jatuhnya Kerajaan Funan di Vietnam

Selain letaknya yang strategis, perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat, terutama akibat runtuhnya Kerajaan Funan di Vietnam akibat serangan dari Kamboja. Hal ini menyebabkan kerajaan Sriwijaya berkembang pesat sebagai wilayah maritim yang jaya.