Gabungan antara percobaan stanley miller dengan percobaan louis pasteur telah dapat menjelaskan tentang Unsur penyusun makhluk hidup, Evolusi kehidupan, Asal usul kehidupan, Ciri-ciri kehidupan

Gabungan antara percobaan stanley miller dengan percobaan louis pasteur telah dapat menjelaskan tentang

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal gabungan antara percobaan stanley miller dengan percobaan louis pasteur telah dapat menjelaskan tentang

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Gabungan antara percobaan stanley miller dengan percobaan louis pasteur telah dapat menjelaskan tentang

  1. Unsur penyusun makhluk hidup.
  2. Evolusi kehidupan.
  3. Asal usul kehidupan.
  4. Ciri-ciri kehidupan.

 

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

B. 1 dan 3 SAJA yang benar.

C. 2 dan 4 SAJA yang benar.

D. HANYA 4 yang benar.

E. SEMUA pilihan benar.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Gabungan antara percobaan stanley miller dengan percobaan louis pasteur telah dapat menjelaskan tentang Unsur penyusun makhluk hidup, Evolusi kehidupan, Asal usul kehidupan, Ciri-ciri kehidupan (E).

Baca Juga:  Jelaskan alasan kaki bebek tersebut dapat mempermudah gerak di permukaan berlumpur

 

Pembahasan

Percobaan Louis Pasteur

Louis Pasteur adalah seorang ilmuwan yang dianggap sebagai penggerak teori biogenesis. Dia melakukan percobaan pada tahun 1864. Tujuan percobaan Pasteur adalah untuk menguji dan menyempurnakan percobaan Redi dan Spallanzani. Pasteur menciptakan labu berleher angsa, yang kurang lebih tersegel tetapi masih terikat dengan udara. Prinsip dari labu ini adalah udara tetap dapat masuk ke dalam tabung, namun debu akan menempel pada lekukan leher tabung.

 

Suatu percobaan yang dilakukan oleh Pasteur adalah dengan mendidihkan kaldu, kemudian didiamkan beberapa saat dalam tabung leher angsa yang telah dibuatnya. Setelah beberapa hari, tidak ditemukan kemangi yang tumbuh di dalam kaldu. Namun, beberapa hari yang lalu, kaldu tersebut mulai ditumbuhi bakteri. Dari percobaan yang dilakukan oleh Pasteur, teori generasi spontan runtuh. Jadi dapat disimpulkan bahwa organisme berasal dari organisme hidup juga.

Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri membelah menjadi tiga bagian setiap 14 menit. Jika banyak bakteri mula-mula adalah 25 dan membutuhkan waktu t menit untuk membelah menjadi 18.225. Jika suatu bakteri memeblah menjadi tiga bagian setiap 28 menit selama tt menit, maka banyaknya bakteri tersebut adalah

 

Percobaan Stanley Lloyd Miller

Stanley Lloyd Miller (7 Maret 1930 – 20 Mei 2007) adalah seorang ahli kimia Yahudi Amerika yang melakukan percobaan penting tentang asal usul kehidupan dengan menunjukkan bahwa senyawa organik penting dapat disintesis melalui proses kimia yang relatif sederhana dari bahan anorganik. Penelitiannya diterbitkan pada tahun 1953, yang membuatnya terkenal dalam waktu singkat, dan dikenal sebagai eksperimen Urey-Miller atau, lebih tepatnya, eksperimen Miller.

 

Stanley Miller adalah murid Harold Urey yang tertarik dengan asal usul kehidupan. Dia melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis Harold Urey. Dari hasil eksperimennya, Miller dapat memberikan bukti bahwa unit-unit kompleks dalam sistem kehidupan seperti lipid, karbohidrat, asam amino, protein, nukleotida, dan lainnya dapat terbentuk dalam kondisi abiotik.

Baca Juga:  Jelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca

 

Eksperimen yang dilakukan oleh Louis Pasteur dan Stanley Miller tidak hanya memperjelas asal usul kehidupan, tetapi hasil eksperimen tersebut juga dapat menjelaskan hal-hal berikut:

  1. Percobaan Stanley Miller dapat menjelaskan unsur penyusun makhluk hidup yaitu asam amino.
  2. Percobaan kedua tokoh ini dapat menjelaskan evolusi kehidupan, yaitu organisme sebelumnya mengalami perubahan atau evolusi dari waktu ke waktu.
  3. Keberhasilan percobaan Pasteur yang membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lain yang menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu reproduksi. Makhluk hidup ada karena reproduksi makhluk hidup sebelumnya.