Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali

Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali….

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali

A. Perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) masyarakat

B. Pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerjau

C. Menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri

D. Pembangunan pasar dan sarana promosi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri (jawaban C).

 

Pembahasan

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah proses ekonomi yang meliputi produksi dan distribusi barang dan jasa yang membutuhkan ide dan gagasan kreatif serta kemampuan intelektual untuk mengembangkannya.

 

Ekonomi kreatif merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Ekonomi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ilmu tentang asas produksi, distribusi dan penggunaan barang dan kekayaan, sedangkan kreativitas adalah kemampuan mencipta dan kemampuan mencipta.

 

Dapat dikatakan bahwa ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi yang mengutamakan nilai kreativitas.

 

Baca Juga:  Faktor yang mendorong lahirnya organisasi perdagangan bebas berikut yang paling tepat adalah

Usaha Pemerintah Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Berikut adalah berbagai upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kondisi ekonomi kreatif:

  1. Memfasilitasi penciptaan produk baru

Ekonomi kreatif hanya bisa berhasil jika sudah ada produk yang ditawarkan. Produk ekonomi kreatif meliputi desain, grafik, dan bentuk produk lainnya. Seseorang mungkin memiliki kemampuan membuat produk untuk ekonomi kreatif.

 

Namun, tidak setiap orang memiliki fasilitas yang memadai untuk menciptakan produk baru. Di sini, peran pemerintah sebagai fasilitator. Untuk memberikan seseorang kesempatan untuk menciptakan produk baru.

 

  1. Berikan pelatihan keterampilan khusus

Dalam membuat produk ekonomi kreatif diperlukan kemampuan khusus. Seperti bidang desain dan juga keterampilan membuat produk. Pemerintah harus dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat memperoleh keterampilan khusus tersebut.

 

Pelatihan keterampilan khusus ini bisa menjadi syarat bagi seseorang untuk membangun bisnis ekonomi kreatif. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin mengembangkan usaha di bidang ini dapat mengimplementasikan idenya dengan baik.

 

  1. Menyediakan akses ke teknologi

Upaya peningkatan ekonomi kreatif sangat erat kaitannya dengan keberadaan teknologi canggih yang menjadi sarana untuk membuat dan menyebarluaskan produk-produk ekonomi kreatif. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan dan kemampuan untuk mengakses teknologi ini.

Baca Juga:  Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut

 

Jadi, pemerintah bisa mengusahakan hal ini, agar masyarakat bisa mengakses teknologi saat ini. Dengan demikian, ekonomi kreatif dapat berjalan tanpa hambatan teknologi.

 

  1. Mengutamakan sisi teknis

Ekonomi kreatif identik dengan kegiatan yang membutuhkan kreativitas dan seni. Meskipun ada sisi bisnis untuk pengembangannya. Namun aspek kreatif dan artistik ini harus diutamakan karena merupakan inti dari ekonomi kreatif.

 

  1. Melakukan analisis faktor keberhasilan

Pemerintah merupakan badan yang berperan dalam menciptakan iklim ekonomi, termasuk iklim ekonomi kreatif. Oleh karena itu, dalam perkembangannya, pemerintah harus menganalisis secara cermat faktor-faktor keberhasilan di bidang ini.

 

Hal ini agar investasi dan langkah yang dilakukan dalam mengembangkan bidang ini tepat sasaran. Mengingat besarnya potensi sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

 

  1. Menarik investor di sektor ekonomi kreatif

Memiliki investor merupakan salah satu aspek penting dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Tidak semua pekerja kreatif memiliki akses untuk menarik investor. Oleh karena itu, pemerintah perlu berperan aktif dalam menarik investor baru agar mau berinvestasi di bidang ini.

 

  1. Memberikan perlindungan hukum bagi pekerja ekonomi kreatif

Pelaku industri ekonomi kreatif berbeda dengan bentuk usaha lainnya. Terkadang mereka yang bekerja di bidang ini tidak memiliki perlindungan hukum yang jelas. Karena itu, banyak yang enggan mengembangkan diri di bidang ini.

Baca Juga:  Kebijakan dimana pemerintah mengilangkan hambatan-hambatan dalam kegiatan ekspor dan impor disebut

 

Padahal, perlindungan hukum merupakan kewajiban negara terhadap warganya. Dalam industri ekonomi kreatif, hal ini sangat diperlukan untuk mencapai kondisi ekonomi yang maksimal di bidang ini.

 

  1. Menyelenggarakan pelatihan bagi industri ekonomi kreatif

Tidak hanya memberikan pelatihan awal, pemerintah dapat berupaya meningkatkan industri ekonomi kreatif dengan melakukan pelatihan secara berkala. Dengan demikian, orang-orang yang bekerja di bidang ini akan selalu meningkatkan keterampilannya dan mampu menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

 

  1. Membuat rencana pengembangan industri

Perencanaan pengembangan industri di bidang ekonomi kreatif penting dilakukan agar ekonomi kreatif memiliki arah pengembangan yang jelas dan terarah. Dalam pembangunan industri, peran pemerintah saja tidak cukup, namun diperlukan juga pihak swasta yang aktif.

 

  1. Memberikan insentif yang sesuai bagi pemilik usaha

Pemberian insentif ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa bekerja di ekonomi kreatif adalah bidang yang layak untuk terus dikelola. Selain itu, pemberian insentif ini dapat memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan usaha kreatifnya.

 

Demikian berbagai upaya peningkatan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Tanpa aktivitas pemerintah, sektor ekonomi kreatif Indonesia tentunya akan menghadapi kesulitan pembangunan.