Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut

Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut

A. Memperluas jalur distribusi dan mendapatkan barang yang diinginkan

B. Memenuhi kebutuhan dan mendapatkan pekerjaan

C. Mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah

D. Memperoleh keuntungan dan memperluas jangkauan pasar

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tujuan adanya perdagangan antarpulau antara lain adalah sebagai berikut Memperoleh keuntungan dan memperluas jangkauan pasar (jawaban D)

Baca Juga:  Indonesia mampu menghasilkan karet lebih besar daripada amerika serikat. Kondisi ini menunjukkan negara indonesia memiliki kunggulan yang disebut

 

Pembahasan

Tujuan dan Manfaat Perdagangan Antarpulau

Manfaat perdagangan antar pulau sangat beragam. Perdagangan antar pulau dilakukan untuk mencapai tujuan dan keuntungan sebagai berikut.

 

  1. Memperoleh Untung

Perdagangan antar pulau bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi daerah, baik daerah yang menjual maupun daerah yang membeli. Daerah yang membeli akan diuntungkan karena selisih harga beli dan harga produksinya bisa sangat besar, sehingga sebenarnya bisa lebih hemat jika membeli dari daerah lain.

 

Sementara bagi daerah yang menjual, keuntungannya adalah surplus produksinya tidak akan mubazir dan dapat dimanfaatkan oleh daerah lain dan memberikan tambahan pendapatan bagi daerahnya.

Baca Juga:  Saat menimbang barang dagangan sebaiknya bersikap

 

  1. Memperluas jangkauan pasar

Perdagangan antar pulau sama dengan memperluas akses pasar di suatu daerah. Jangkauan pasar yang dituju adalah jumlah konsumen yang dapat mengkonsumsi atau menggunakan barang tersebut.

 

Semakin tinggi angkanya, semakin menguntungkan produk tersebut. Kebutuhan pasar yang berkembang di luar wilayah yang sama dapat mendorong tambahan produsen di suatu wilayah yang memproduksi komoditas tersebut.

 

  1. Memberikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen

Perdagangan antar pulau memungkinkan konsumen pulau menikmati produk atau barang yang kurang atau tidak dapat diproduksi di daerahnya. Misalnya, warga Kalimantan bisa menikmati daging sapi yang banyak tersedia di Nusa Tenggara.

Baca Juga:  Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa

 

  1. Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat

Melanjutkan manfaat kedua, perdagangan antar pulau dapat meningkatkan permintaan produksi barang sehingga diperlukan lebih banyak produsen dan tambahan tenaga kerja.

 

Ini bisa menjadi lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Selain itu, unit usaha selain produksi seperti jasa pengiriman dan jasa transportasi untuk distribusi barang juga akan tumbuh.

 

  1. Meningkatkan produktivitas

Perdagangan antar pulau masih terkait dengan manfaat kedua, yaitu peningkatan produktivitas karena perluasan pemasaran produk dan peningkatan permintaan produk tersebut.