Sebutkan 2 contoh rumah adat yang ada di indonesia beserta daerah asalnya

Sebutkan 2 contoh rumah adat yang ada di indonesia beserta daerah asalnya

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal sebutkan 2 contoh rumah adat yang ada di indonesia beserta daerah asalnya

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Sebutkan 2 contoh rumah adat yang ada di indonesia beserta daerah asalnya

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Contoh rumah adat yang ada di indonesia beserta daerah asalnya:

Rumah Adat Provinsi Aceh: Krong Bade

Rumah Adat Sumatera Utara: Bolon

Baca Juga:  Dampak perubahan iklim brainly

Rumah Adat Sumatera Barat: Gadang

Rumah Adat Provinsi Bengkulu: Bubungan Lima

Rumah Adat Jawa Timur: Rumah Joglo

 

Pembahasan

Pengertian Rumah Adat

Rumah adat adalah bangunan yang dibuat dengan ciri khusus digunakan sebagai tempat hunian, pusat pertemuan serta berbagai fungsi lainnya. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing seperti Joglo berasal dari Jawa, Gadang Berasal dari Minangkabau, dan lain-lain.

 

Manfaat dan Fungsi Rumah Adat

Berikut manfaat memiliki rumah adat dan fungsinya secara umum.

  1. Identitas Suku

Identitas suku dipengaruhi oleh pembentukan bahasa, kepercayaan, ciri biologis, perilaku dan budaya. Rumah adat merupakan salah satu bentuk eksistensi budaya karena perencanaannya juga tidak sembarangan.

Baca Juga:  Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

 

Dalam pengembangan dan perencanaannya selalu melibatkan unsur budaya dan selalu memperhatikan setiap detailnya. Sebuah bangunan tradisional dibangun dengan faktor adanya fungsi sosial, material hingga penerapannya berdasarkan adat istiadat masyarakat.

 

  1. Rekam Jejak

Rumah yang dibangun secara adat tentu akan mengandung nilai-nilai tertentu. Nilai-nilai budaya inilah yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.

 

Sehingga biasanya digunakan sebagai pengingat masa lalu atau catatan sejarah di masa lampau dengan tetap mempertahankan nilai-nilai yang ada. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada kemungkinan terjadi perubahan makna yang terkandung, namun tidak mengurangi makna dari keberadaan bangunan adat ini.

Baca Juga:  Jelaskan fungsi lingkungan sebagai tempat tinggal

 

  1. Simbol filosofis

Dalam perkembangannya memperhatikan detail dan elemen sesuai dengan perhitungan yang biasa dilakukan oleh tokoh adat. Sehingga setiap rumah adat yang dibangun selalu memiliki nilai budaya dalam setiap struktur bangunannya.

 

Selain memiliki fungsi sebagai simbol budaya dan jati diri bangsa, rumah adat juga dijadikan tempat tinggal yang nyaman bagi masyarakat suku di daerah tertentu. Meski jarang, namun sampai sekarang masih ada orang yang menggunakannya sebagai tempat tinggal.

 

Budaya adalah cara hidup yang terus berkembang tetapi tidak meninggalkan makna yang diwariskan secara turun-temurun. Setiap adat harus tetap dilestarikan dan dipertahankan hingga saat ini dengan memahami apa yang dimaksud dengan rumah adat dan fungsinya.