Berikut ini yang termasuk peran dari teknologi dan modal berkaitan dengan pembangunan ekonomi adalah Meningkatkan efesiensi produksi

Berikut ini yang termasuk peran dari teknologi dan modal berkaitan dengan pembangunan ekonomi adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal berikut ini yang termasuk peran dari teknologi dan modal berkaitan dengan pembangunan ekonomi adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Berikut ini yang termasuk peran dari teknologi dan modal berkaitan dengan pembangunan ekonomi adalah

A. Mengubah struktur ekonomi masyarakat

B. Meningkatkan efesiensi produksi

C. Menggantikan tenaga manusia

D. Menghemat sumber daya alam

E. Mengurangi pengangguran

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Berikut ini yang termasuk peran dari teknologi dan modal berkaitan dengan pembangunan ekonomi adalah Meningkatkan efesiensi produksi (jawaban B)

 

Pembahasan

Peran Teknologi dan Modal dalam Pembangunan Ekonomi

Dalam perkembangannya teknologi ini sekarang sudah semakin pesat. Banyak sekali teknologi yang bermunculan yang memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam kehidupan.

 

Peran ini juga tidak terlepas dari unsur ekonomi. Dengan adanya teknologi, perkembangan ekonomi juga semakin berkembang.

Baca Juga:  Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali

 

Pembangunan ekonomi ini merupakan upaya percepatan peralihan budaya, dimana hal ini sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan juga kemajuan teknologi. Dengan begitu, peran kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi. Nah, berikut adalah beberapa peran tersebut:

  1. Teknologi Menjadi Proses Pembangunan

Pembangunan adalah sebuah proses. Dapat dikatakan bahwa ini adalah tahapan penting di semua sektor. Pembangunan ekonomi merupakan proses menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

 

Pertumbuhan ekonomi akan membutuhkan pembaruan dalam teknologi. Dalam hal ini teknologi juga memiliki peran penting. Adanya teknologi, membuat pertumbuhan ekonomi semakin banyak akan semakin memudahkan dalam proses pembangunan.

 

  1. Teknologi Memfasilitasi Pembangunan Ekonomi

Ada berbagai inovasi dalam kemajuan teknologi. Salah satunya akan berdampak pada pembangunan ekonomi. Hal ini juga dibarengi dengan permodalan yang seimbang. Nah, teknologi ini akan memudahkan pemasaran, penjualan dan lain-lain dalam perekonomian.

 

  1. Meningkatkan pendapatan per kapita

Dalam sebuah bisnis, peran teknologi dan modal dalam pembangunan ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan. Tentu saja dalam kaitannya dengan perekonomian, akan memiliki tujuan yaitu mencari keuntungan. Teknologi dan modal memiliki peran penting dalam pendapatan yang akan dihasilkan nantinya.

Baca Juga:  Mengapa kita harus memperhatikan pesaing bisnis kita dalam menentukan harga

 

Apalagi jika dikelola dengan baik dan bijak. Tentu juga akan mempengaruhi pendapatan di suatu negara. Selain itu, partisipasi aktif juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

  1. Meningkatkan Keunggulan Produk Ekonomi

Ada banyak inovasi teknologi yang akan mempengaruhi perekonomian. Sebagaimana diketahui bahwa pembangunan ekonomi tidak terlepas dari suatu produk.

 

Dengan begitu, hadirnya teknologi yang lebih canggih, akan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan peningkatan ini, akan ada permintaan yang lebih tinggi dan pembangunan ekonomi.

 

  1. Memfasilitasi Riset dan Pengembangan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi akan erat kaitannya dengan peningkatan produktivitas. Dengan begitu, singkatnya, peningkatan perkembangan teknologi akan mempengaruhi produktivitas. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

 

Menggunakan penelitian akan sangat penting dalam pengembangan ekonomi yang matang. Penelitian ini akan sangat dibutuhkan untuk keberadaan suatu teknologi. Dengan begitu, teknologi dan juga modal dalam implementasi memiliki peran penting.

Baca Juga:  Unsur manajemen terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu

 

  1. Menciptakan Konsep Ekonomi yang Sesuai

Ada teknologi informasi yang juga dapat meningkatkan konsep ekonomi yang tepat. Dalam hal ini, adanya teknologi akan mempermudah pemasaran, penjualan dan menjalankan kegiatan ekonomi. Penting bagi masyarakat untuk mengetahui bahwa peranan teknologi dan modal dalam pembangunan ekonomi adalah komunikasi dan informasi yang penting.

 

  1. Menciptakan Nilai Tambah dan Nilai Baru

Dapat menciptakan nilai tambah dan nilai baru pada suatu produk. Dengan adanya teknologi disertai modal yang cukup akan mempengaruhi suatu produk. Hal ini akan dapat mengubah atau mengembangkan suatu produk sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

 

  1. Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

Adanya teknologi juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi. Banyak masalah yang belum terjawab dan solusi yang tepat untuk pertumbuhan ekonomi karena adanya teknologi. Dimana ruang lingkup alasan pertumbuhan ekonomi cukup luas.

 

Peran teknologi dan modal dalam pembangunan ekonomi merupakan pembangunan yang akan dirasakan oleh masyarakat. Adanya teknologi dan modal yang memadai akan sangat mendukung perkembangan perekonomian yang semakin matang. Banyak inovasi dan pengembangan hal-hal baru yang akan melahirkan berbagai solusi atas permasalahan ekonomi yang ada.