Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat Induktor Ruhmkorff

Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat

A. Bel listrik

B. Telepon

C. Induktor Ruhmkorff

D. Transformator

 

Jawaban

Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat Induktor Ruhmkorff (jawaban C)

Baca Juga:  Apakah cabang ilmu sains yang mereka geluti

 

Pembahasan

Pengertian Induktor Ruhmkorff

Induktor Ruhmkorff adalah kumparan induksi yang digunakan untuk memperoleh tegangan tinggi dengan menggunakan arus searah. Pada dasarnya, induktor Ruhmkorff ini merupakan sebuah inti yang terdiri dari batang-batang besi lunak yang disekat satu sama lain.

 

Inti ini dikelilingi oleh lilitan kawat yang jumlahnya sedikit dan mendapat aliran listrik yang primer dari baterai B. Sementara sebuah interuptor A dapat memutus hubungan aliran primer ini. Lilitan primer dikelilingi oleh lilitan sekunder yang jumlahnya jauh lebih banyak dan mempunyai dua ujung P dan Q.

Baca Juga:  Jelaskan mengenai sumber energi panas disertai contohnya

 

Bila arus primer disambung jangkar H tertarik oleh inti kumparan sehingga hubungan di C terputus. Rantai primer menjadi tak berarus, sedangkan jangkar memegas kembali, dan seterusnya, sehingga aliran primer secara terus-menerus terputus dengan cepat.

 

Akibat pemutusan yang terus-menerus ini terjadi beda potensial antara P dan Q. Lilitan primer terbuat dari kawat tebal dan pendek, sedangkan lilitan sekunder dan kawat  tipis dan panjang. Perbedaan bentuk lilitan ini menimbulkan perubahan medan magnet aliran primer yang semakin cepat bila dipasang sebuah kapasitor atau kondensator K.

Baca Juga:  Sebuah kotak buah memiliki massa 1000 kg ditekan dengan gaya 2.000 N, jika panjang sisi kotak buah tersebut adalah 2 m. Besar tekanan yang dialami kotak buah tersebut

 

Sementara bila jarak P dan Q tidak terlalu jauh, akan terjadi loncatan api antara kedua ujung kumparan sekunder itu. Beda potensial yang diproleh melalui proses ini kira-kira antara 10.000-20.000 volt. Selain kapasitor dan kondensator, sebagai sumber tegangan primer dapat pula digunakan akumulator yang mempunyai tegangan antara 6-12 volt.

 

Tegangan tinggi umumnya digunakan untuk menimbulkan bunga api di antara elektrode busi kendaraan bermotor.

 

Sumber: patragading19.blogspot.com