Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat Induktor Ruhmkorff

Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat

A. Bel listrik

B. Telepon

C. Induktor Ruhmkorff

D. Transformator

 

Jawaban

Gaya gerak listrik yang diperoleh dari sumber arus listrik searah terjadi pada alat Induktor Ruhmkorff (jawaban C)

Baca Juga:  Balok memiliki massa 100 gram dipanaskan dari suhu minus 5 derajat Celcius menjadi air bersuhu 60 derajat celcius jika kalor lebur es 80 Kal per G kalor jenis es 0,5 Kal per gram derajat Celcius kalor jenis air 1 Kal per gram derajat Celcius maka banyaknya kalor yang diperlukan pada saat proses dari C ke d adalah​

 

Pembahasan

Pengertian Induktor Ruhmkorff

Induktor Ruhmkorff adalah kumparan induksi yang digunakan untuk memperoleh tegangan tinggi dengan menggunakan arus searah. Pada dasarnya, induktor Ruhmkorff ini merupakan sebuah inti yang terdiri dari batang-batang besi lunak yang disekat satu sama lain.

 

Inti ini dikelilingi oleh lilitan kawat yang jumlahnya sedikit dan mendapat aliran listrik yang primer dari baterai B. Sementara sebuah interuptor A dapat memutus hubungan aliran primer ini. Lilitan primer dikelilingi oleh lilitan sekunder yang jumlahnya jauh lebih banyak dan mempunyai dua ujung P dan Q.

Baca Juga:  Gerak benda bersifat relatif atau tidak mutlak artinya

 

Bila arus primer disambung jangkar H tertarik oleh inti kumparan sehingga hubungan di C terputus. Rantai primer menjadi tak berarus, sedangkan jangkar memegas kembali, dan seterusnya, sehingga aliran primer secara terus-menerus terputus dengan cepat.

 

Akibat pemutusan yang terus-menerus ini terjadi beda potensial antara P dan Q. Lilitan primer terbuat dari kawat tebal dan pendek, sedangkan lilitan sekunder dan kawat  tipis dan panjang. Perbedaan bentuk lilitan ini menimbulkan perubahan medan magnet aliran primer yang semakin cepat bila dipasang sebuah kapasitor atau kondensator K.

Baca Juga:  Sebuah benda tingginya 12 cm diletakkan 10 cm didepan cermin cekung yang jari-jari kelengkungannya 30 cm. jarak dan sifat-sifat bayangan yang dibentuk cermin adalah

 

Sementara bila jarak P dan Q tidak terlalu jauh, akan terjadi loncatan api antara kedua ujung kumparan sekunder itu. Beda potensial yang diproleh melalui proses ini kira-kira antara 10.000-20.000 volt. Selain kapasitor dan kondensator, sebagai sumber tegangan primer dapat pula digunakan akumulator yang mempunyai tegangan antara 6-12 volt.

 

Tegangan tinggi umumnya digunakan untuk menimbulkan bunga api di antara elektrode busi kendaraan bermotor.

 

Sumber: patragading19.blogspot.com