Jelaskan hubungan energi terhadap usaha perubahan energi potensial

Jelaskan hubungan energi terhadap usaha perubahan energi potensial

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jelaskan hubungan energi terhadap usaha perubahan energi potensial

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Jelaskan hubungan energi terhadap usaha perubahan energi potensial

Baca Juga:  Apakah cabang ilmu sains yang mereka geluti

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Hubungan energi terhadap usaha perubahan energi potensial adalah besar usaha yang dilakukan adalah sebesar perubahan energi potensial benda tersebut.

 

Pembahasan

Pengertian Usaha

Dalam fisika, usaha adalah jumlah energi atau gaya yang dikerahkan untuk menggerakkan atau memindahkan suatu benda atau benda. Yang dimaksud dengan pindah disini berarti tempat atau lokasi yang berubah setelah usaha dijalankan.

Baca Juga:  Sebuah kerangka balok memiliki ukuran 10 cm, lebar 8 cm dan tinggi 9 cm. jika kerangka blok itu terbuat dari kawat, maka banyaknya kawat yang dibutuhkan untuk membuat kerangka tersebut adalah

 

Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa benda yang mengalami perubahan posisi disebabkan adanya gaya yang berasal dari usaha.

 

Pengertian Energi

Dalam ilmu fisika yang dimaksud dengan energi yang berhubungan dengan usaha adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Mengapa keduanya berhubungan erat?

 

Jawabannya juga akan menjawab pertanyaan bagaimana hubungan antara usaha dan energi.

Baca Juga:  Hukum kekekalan massa dikemukakan oleh

 

Hal itu dikarenakan usaha merupakan perubahan energi yang terjadi pada suatu benda atau benda termasuk perubahan energi kinetik dan energi potensial. Sehingga energi merupakan komponen yang erat hubungannya dengan usaha.