Jelaskan susunan lapisan tanah di kerak bumi

Jelaskan susunan lapisan tanah di kerak bumi

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jelaskan susunan lapisan tanah di kerak bumi

 

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan jawabannya bisa disimak di bawah ini

 

Soal

Jelaskan susunan lapisan tanah di kerak bumi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Susunan lapisan tanah di kerak bumi terdiri dari lapisan tanah atas, lapisan tanah tengah, lapisan tanah bawah, lapisan batuan induk.

Berikut ini penjelasan susunan lapisan tanah di kerak bumi:

 

Tingkatan Lapisan Tanah

  1. Lapiasan Tanah Atas

Lapiasan Tanah Atas Merupakan lapisan yang dalamnya 30 cm, sering disebut dengan istilah Top Soil. Pada lapisan ini banyak terdapat bahan organik, humus dan juga menghasilkan lapisan yang paling subur sehingga sangat cocok untuk tanaman umbi-umbian pendek.

Baca Juga:  Berapa luas seluruh wilayah pulau jawa

 

Cara paling mudah untuk mengenali tanah lapisan atas adalah dengan warnanya yang lebih gelap dibandingkan dengan lapisan di bawahnya, terlihat lebih longgar dan semua mikroorganisme hidup di lapisan ini. Sehingga kemungkinan terjadi proses sisa batang, pelapukan daun, dan bagian makhluk hidup lainnya.

 

  1. Lapisan Tanah Tengah

Tepat di lapisan paling bawah setelah top soil dengan ketebalan 50 cm sampai 1 meter. Warnanya lebih cerah dari lapisan diatasnya dan lapisan ini terbentuk dari campuran pelapukan pada lapisan bawah dengan sisa material tanah lapisan atas yang terbawa air, mengendap sehingga menjadi lebih padat dan juga sering disebut dengan lempung. .

Baca Juga:  Tuliskan uraian konsep tenaga geologi dengan jelas

 

  1. Lapisan Tanah bawah

Lapisan yang banyak mengandung batuan yang sudah mulai membusuk dan telah bercampur dengan tanah sedimen dengan lapisan di atasnya. Pada lapisan ini masih banyak batuan yang belum mengalami pelapukan dan juga ada yang sudah mengalami proses pelapukan batuan itu sendiri dan memiliki warna yang sama dengan batuan penyusunnya. Cukup dalam dan jarang ditembus oleh akar pohon atau tumbuhan.

Baca Juga:  Sebutkan contoh bahan tambang mineral logam

 

  1. Lapisan Batuan Induk

Lapisan ini merupakan lapisan terdalam yang terdiri dari batuan padat. Jenis batuan pada lapisan ini memiliki perbedaan antara satu daerah dengan daerah lainnya sehingga produk yang dihasilkan dari tanah tersebut juga akan berbeda.

 

Batuan pada lapisan ini mudah patah, tetapi sangat sulit dilalui oleh akar tanaman dan air, teksturnya berwarna putih keabu-abuan muda hingga kemerahan. Lapisan batuan dasar ini dapat dengan mudah terlihat pada dinding jurang yang terjal di daerah pegunungan