Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

Pertanyaan

Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

 

Jawaban

Kunci jawaban soal Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan:

Manajemen pengelolaan hutan adalah kegiatan memanfaatkan potensi hutan sebagaimana mestinya dengan tetap mempertahankan aspek ekologi dan lingkungan.

 

Pengelolaan dilakukan dalam rangka memperoleh pemanfaatan yang lebih optimal dan berkelanjutan. Pemanfaatan hutan dapat dilakukan disemua jenis hutan kecuali cagar alam dan konservasi. Berbagai usaha pemanfaatan hasil kehutanan meliputi kegiatan penanaman, pemeliharaan, pemanenan, dan pengolahan.

Baca Juga:  Sebutkan 2 contoh rumah adat yang ada di indonesia beserta daerah asalnya

 

Pembahasan

Manajemen hutan adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan dan penggunaan hutan untuk memenuhi tujuan terintegrasi dari lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya.

 

Manajemen pengelolaan hutan sangat penting dilakukan karena hutan tidak bisa tumbuh dengan cepat. Pohon-pohon itu untuk menjadi besar membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa ratusan tahun. Maka dari itu konservasi hutan sangat perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Sebutkan contoh sungai yang digunakan sebagai sarana transportasi di Indonesia

 

Di dalam pengelolaan hutan dengan strategi kehutanan sosial, disesuaikan dengan karakteristik lahan tipe hutan, fungsi hutan, kondisi daerah aliran sugai, sosial budaya ekonomi, kelembagaan masyarakat setempat termasuk hutan adat dan batas administrasi pemerintahan, yang berbeda dengan sistem konvensional (timber management), yang mempunyai perbedaan. Tujuan pengelolaan hutan tidak hanya untuk menghasilkan kayu pertukangan, melainkan untuk memanfaatkan sumber daya hutan bagi semua jenis hasil hutan yang dapat dihasilkan ditempat yang bervariasi menurut lokasi.

Baca Juga:  Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global