Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena

A. Kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah

B. Manusia yg menciptakan sejarah

C. Manusia mempengaruhi gerak sejarah

D. Sejarah menceritakan kisah hidup manusia

E. Sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena Sejarah menceritakan kisah hidup manusia (jawaban D).

Baca Juga:  Pembagian waktu dalam sejarah adalah penting dalam kontinuitas dimensi waktu yang lalu sekarang dan masa yang akan datang dengan demikian ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu

 

Pembahasan

Sejarah adalah peristiwa pada masa lampau yang dipelajari untuk dijadikan acuan sekaligus pedoman pada masa yang akan datang.

 

Pemahaman tentang sejarah itu sendiri tentunya dipengaruhi oleh beberapa unsur penting di dalamnya, termasuk unsur manusianya.

 

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena manusia dianggap sebagai penggerak, pelaku, dan saksi sejarah.

Baca Juga:  Bagaimana pendapatmu terkait kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia

 

Selain itu, sejarah juga menceritakan tentang kehidupan manusia sehingga akan selalu berkaitan dengan peristiwa sejarah itu sendiri.

 

Menurut beberapa ahli, manusia berasal dari bahasa Sanskerta, manu dan mens, yang berarti makhluk berpikir, berakal, atau berakal.

 

Jika tidak ada manusia, belum tentu peristiwa sejarah dapat terjadi. Manusia dan sejarah adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Baca Juga:  Peran sultan syarif kasim 2 dalam mendukung pemerintah republik indonesia yang baru merdeka adalah

 

Sejarah tanpa manusia dapat dikatakan imajiner, karena keduanya merupakan satu kesatuan sebagai subjek dan objek sejarah. Artinya, manusia adalah aktor utama yang menyebabkan terjadinya suatu peristiwa sejarah.

 

Setiap hal dan tindakan yang dilakukan dapat dijadikan sebagai penentu terbentuknya suatu sejarah dalam ruang dan waktu tertentu.