Jatuhnya konstantinopel ke tangan turki usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa . Lakukan analisis terhadap hal tersebut

Jatuhnya konstantinopel ke tangan turki usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut.

Jatuhnya konstantinopel ke tangan turki usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut.

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Jatuhnya konstantinopel ke tangan turki usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa karena Dampak dari jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 M dalam bidang ekonomi adalah terputusnya jalur perdagangan internasional, sedangkan di bidang politik adalah dimulainya imperialisme dan kolonialisme Barat.

Baca Juga:  Penelitian dalam bidang ilmu sejarah yang bertujuan mencari kebenaran peristiwa termasuk penelitian

 

Pembahasan

Pada tahun 1463, Sultan Turki Usmani, Sultan Mekmed II menaklukkan kota Konstantinople dan mengahiri Kekaisaran Romawi Timur. Turki Usmani lalu menjadikan Konstantinople sebagai ibukota baru, menggantikan Edirne.

 

Penaklukkan ini memiliki dampak besar bagi Eropa. Para ilmuwan Yunani dari Konstantinople mengungsi ke Italia dan negara Eropa lainya. Mereka membawa ilmu pengetahuan dan buku-buku Yunani Kuno yang sangat berharga dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Eropa.

Baca Juga:  Bagaimana ilmu sains digunakan dalam pekerjaan arsitek

 

Contoh pengungsi Yunani di Eropa adalah Demetrios Chalkokondyles, ilmuwan Yunani yang mengungsi dan menjadi pengajar di universitas-universitas ternama Eropa saat itu, di Padua, Fiorentina dan Milan.

 

Selain itu takluknya Konstantinople menutup jalur perdagangan Eropa ke Asia. Sebelumnya Konstantinople merupakan pusat perdagangan penting. Republik Maritim Italia yaitu Genoa dan Venesia memiliki kongsi dagang di Konstantinople. Dari sini mereka membeli rempah-rempah, sutera dan barang berharga lain dari Asia yang dibawa pedagang Yunani dan Arab.

Baca Juga:  Jika sebuah magnet batang di potong maka keberadaan kutubnya

 

Dengan takluknya kota ini, Turki Usmani bisa memonopoli perdagangan Eropa dengan Asia. Ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol untuk mencari jalur perdagangan alternatif ke Asia dengan mengitari benua Afrika dan melalui jalur barat. Dalam penjelajahannya, negara-negara ini akhirnya menemukan Benua Amerika.