Apa saja yang termasuk energi terbarukan

Apa saja yang termasuk energi terbarukan

Dalam artikel ini akan memberikan kunci jawaban soal apa saja yang termasuk energi terbarukan

 

Soal

Apa saja yang termasuk energi terbarukan?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Yang termasuk Energi Terbarukan yaitu Energi surya, energi angin, energi air, energi panas bumi, energi bio energi

 

Pembahasan

Pengertian Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah sumber energi yang tersedia oleh alam dan bisa dimanfaatkan secara terus-menerus. Hal ini senada dengan keterangan International Energy Agency (IEA) yang juga menyatakan bahwa energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang diisi ulang terus menerus.

Baca Juga:  Salah satu organ pernapasan yang berfungsi sebagai alat penyaring dan penghangat yaitu

 

Contoh Energi Terbarukan

Sudah cukup banyak contoh energi terbarukan yang ditemukan selama ini, antara lain sebagai berikut:

 

  1. Energi Surya

Energi surya adalah energi yang berasal dari sinar matahari. Selain membantu tumbuhan melakukan fotosintesis, ternyata sinar matahari juga memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya bagi kehidupan manusia yaitu sebagai alternatif pembangkit listrik.

 

  1. Energi air

Penggunaan air sebagai sumber energi sudah dikenal sejak lama. Jumlah yang melimpah tentunya sangat disayangkan jika hanya digunakan untuk mengairi lahan pertanian, tempat rekreasi, dan untuk konsumsi.

Baca Juga:  Peristiwa yang tidak terjadi pada proses pembekuan darah luka adalah

 

  1. Energi angin

Angin adalah udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan udara tinggi ke daerah yang bertekanan udara rendah. Dengan sifat tersebut, sangat memungkinkan jika angin juga digunakan sebagai sumber energi. Prinsip pemanfaatannya sama dengan energi air yaitu dengan membuat kincir angin. Kemudian putaran kincir dilanjutkan dengan memutar generator yang menghasilkan energi listrik.

 

  1. Energi panas bumi

Panas bumi adalah energi panas yang berasal dari dalam bumi. Pada umumnya daerah yang memiliki potensi panas bumi adalah daerah yang berada di daerah yang dilalui oleh cincin api Pasifik, seperti Filipina, Indonesia, dan Selandia Baru.

Baca Juga:  Organ manusia yang bertanggung jawab mengekskresikan sisa-sisa metabolisme dalam darah adalah

 

  1. Bioenergi

Bioenergi adalah sumber energi yang berasal dari makhluk hidup dan bahan organik, seperti kayu, rumput, kotoran hewan, limbah pertanian dan limbah rumah tangga atau yang dikenal dengan biomassa. Untuk memanfaatkan bahan-bahan tersebut sebagai sumber energi, ada yang dapat dilakukan secara langsung dan ada pula yang harus melalui serangkaian proses.