Fungsi mikrotubulus adalah Mikrotubulus berperan penting dalam pergerakan sel, terutama dalam mengarahkan pergerakan sel dengan polimerisasi dan depolimerisasi serta sebagai pembentuk dasar alat gerak silia dan flagela. Peran dari mikrotubulus terhadap pergerakan ini adalah dalam menentukan polarisasi sel.

Fungsi mikrotubulus adalah

Fungsi mikrotubulus adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Fungsi mikrotubulus adalah Mikrotubulus berperan penting dalam pergerakan sel, terutama dalam mengarahkan pergerakan sel dengan polimerisasi dan depolimerisasi serta sebagai pembentuk dasar alat gerak silia dan flagela. Peran dari mikrotubulus terhadap pergerakan ini adalah dalam menentukan polarisasi sel.

 

Pembahasan

Mikrotubulus adalah salah satu komponen yang membentuk sitoskeleton. Mikrotubulus merupakan filamen yang paling tebal di antara filament-filamen lain pembentuk sitoskeleton, yaitu mikrofilamen dan filamen intermediet. Filamen yang berdiameter sekitar 25 nm dan panjang dari 200 nm hingga 25 nm ini ditemukan dalam sitoplasma semua sel eukariotik. Mikrotubulus berbentuk batang lurus dan berongga. Dinding tabung berongga dibangun dari protein globular yang disebut tubulin. Di setiap molekul tubulin terdiri dari dua subunit, yaitu α-tubulin heterodimers dan β-tubulin heterodimers.

Baca Juga:  Bentuk gerakan lengan saat melakukan lay-up shoot bola basket adalah

 

Mikrotubulus merupakan salah satu organel berbentuk gelendong yang terletak bersebaran di seluruh isi sitoplasma. Mikrotubulus ini merupakan salah satu dari tiga sitoskleton yang dimiliki oleh sel.

 

Beberapa fungsi mikrotubulus adalah

  • Sebagai tempat untuk melakukan migrasi sel

Dalam suatu penelitian, mirotubulus berperan dalam migrasi sel. Ini terlihat dari berbagai cara kerja mikrotubulus. Mikrotubulus berperan sebagai truts yang berperan dalam melawan kontraktibilitas dari sel selama pergerakan sel. Hal dibuktikan ketika mikrotubulus menjalar di tepi sel. Tepi sel itu bersifat dinamis namun mikrotubulus dapat dirombak sehingga terjadi retraksi. Ketika dinamika semakin kuat, maka mikrotubulus tidak dapat dirombak karena melawan kekuatan kontraktil sel. Sehingga mikrotubulus berperan dalam pergerakan dan membentuk alur.

Baca Juga:  Ketinggian gunung puncak Himalaya sekitar 10 km diatas permukaan laut, sedangkan ketinggian puncak semeru sekitar 4 km . Berapakah kisaran tekanan udara dikedua puncak tersebut?

 

  • Sebagai tempat pembentukan alur pembelahan

Fungsi ini terdapat pada pembelahan mitosis dan meiosis. Mikrotubulus berperan sebagai organel yang menarik kromosom menuju ke kutub berlawanan selama terjadi pembelahan sel

 

  • Sebagai kerangka sel

Pergerakan atau dinamika subunit tubulin dalam tubuh organisme, khususnya untuk sistem saraf pada vertebrata tingkat tinggi mampu dikontrol dengan baik bersamaan dengan komponen-komponen protein lainnya (MAP)

Baca Juga:  Edo mempunyai akuarium berbentuk kubus dengan panjang rusuknya 120cm.jika edo hanya ingin mengisi air setengahnya saja.berapa volume air yang harus dimasukkanya

 

  • Sebagai penggerak silia maupun flagela

Silia dan flagela merupakan juluran dari nukleus mikrotubulus (disebut MTOC). Oleh karena itu, salah satu protein motorik dari MTOC yaitu protein dynein yang terdapat pada untaian mikrotubulus sepanjang silia dan flagella mampu mendorong dan memberikan pergerakan untuk berenang

 

  • Berperan dalam ekspresi sifat

Ini mrupakan hubungan yang jelas dimana kromosom merupakan perintah dan pembentuk sifat, maka media pembentukan sifat salah satunya yaitu mikrotubula pada sitoskeleton.