Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya konstantinopel dan didapatnya rute untuk mencari rempah-rempah adalah

Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya konstantinopel dan didapatnya rute untuk mencari rempah-rempah adalah

Kunci jawaban soal salah satu pelajaran penting dari jatuhnya konstantinopel dan didapatnya rute untuk mencari rempah-rempah adalah

A. Hasrat untuk mencapai ambisi tertentu membuat orang menghalalkan segala cara

B. Bagi bangsa bangsa barat, rempah rempah lebih penting daripada perang

C. Situasi terdesak membuat orang menjadi kreatif dan inovatif

D. Perang bukanlah jalan untuk mencapai perdamaian

E. Lebih baik menguasai bangsa lain daripada dikuasai

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

DAFTAR ISI

Jawaban

Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya konstantinopel dan didapatnya rute untuk mencari rempah-rempah adalah Situasi terdesak membuat orang menjadi kreatif dan inovatif (Jawaban C).

Baca Juga:  Bagaimanakah proses asal tersebarnya agama hindu-budha ke lingkungan rakyat biasa

 

Pembahasan

Kita tahu dampak jatuhnya Konstantinopel ke tangan Islam atau ke tangan Dinasti Usmaniyah pada tahun 1453. Hingga kemudian memblokir perdagangan, terutama para pedagang Eropa yang menginginkan rempah-rempah sebagai komoditas terpenting karena digunakan selain bumbu masak. , juga digunakan sebagai penghangat badan, karena suhu di Eropa yang terbilang dingin bahkan sangat dingin.

 

Larangan bagi para pedagang Eropa membuat mereka mencari cara untuk akhirnya bisa menemukan rempah-rempah langsung di sumbernya. Untungnya di Eropa saat itu sudah terjadi Renaisans atau kebangkitan ilmu pengetahuan di samping kebangkitan budaya Romawi dan Yunani kuno, yang berimbas pada penemuan teori heliosentris dan perkapalan.

Baca Juga:  Mengapa keanggotaan sarekat dagang islam terbatas

 

Bangsa Portugis awalnya dimulai dengan Bartolomeus Diaz yang kemudian menemukan sebuah daerah di Afrika Selatan yaitu Tanjung Harapan. Arti dari Cape of Good Hope yang terletak di pesisir pantai menghadap Samudera Atlantik dari Afrika Selatan yang awalnya bernama Cape of Storms ini adalah pada saat itu terjadi cuaca badai yang menyebabkan mereka singgah di tanjung selatan dari benua Afrika. Untuk menghilangkan efek mengerikan dari nama tersebut, nama Cape Storm diubah menjadi Tanjung Harapan.

Baca Juga:  Sebutkan peristiwa penting yang terjadi menjelang proklamasi kemerdekaan

 

Di Spanyol, Colombus atas izin Ratu Isabella dari Spanyol akhirnya mengirimkan tiga kapal yang kita kenal namanya Santa Maria, Nina dan Pinta untuk akhirnya mencari tahu dari mana komoditas penting untuk membuat rempah-rempah dicari untuk keperluan sehari-hari dalam kehidupan saat itu. .

 

Dari kesimpulan mengenai sejarah singkat pelayaran dan latar belakang bangsa Eropa ke Hindia Timur, jelas bahwa ada kebutuhan mendesak yang harus mereka lakukan untuk bertahan hidup, salah satunya adalah mencari rempah-rempah dan kekayaan. Karena urgensi, mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan rute ke Hindia Timur.