Pembagian waktu dalam sejarah adalah penting dalam kontinuitas dimensi waktu yang lalu sekarang dan masa yang akan datang dengan demikian ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pembagian waktu dalam sejarah adalah penting dalam kontinuitas dimensi waktu yang lalu sekarang dan masa yang akan datang dengan demikian ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu

 

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak pembahasan dan jawabannya dibawah ini

 

Soal

Pembagian waktu dalam sejarah adalah penting dalam kontinuitas dimensi waktu yang lalu sekarang dan masa yang akan datang dengan demikian ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu

A. sepanjang waktu yang bersifat kontinu

B. waktu yang lalu sampai sekarang

C. waktu lalu, sekarang, dan waktu yang akan datang

D. waktu yang lalu

Baca Juga:  Apa saja faktor eksternal dan internal yang menyebabkan kemerosotan voc

E. waktu yang akan datang

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

waktu yang lalu sampai sekarang (Jawaban B)

 

Pembahasan

Ada tiga unsur utama dalam kajian sejarah, yaitu manusia, ruang dan waktu. Unsur waktu merupakan unsur penting dalam sejarah karena mempelajari sejarah bukanlah sesuatu yang berhenti melainkan mempelajarai sesuatu yang terus bergerak. Pembagian unsur waktu pun dibagi menjadi, yakni masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Namun, dalam ilmu sejarah sebuah peristiwa dipelajari dalam periode waktu masa lalu dan masa sekarang.

 

Makna waktu secaradenotatif merupakan satu-kesatuan,yaitu detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, abad, dan seterusnya.Pada umumnya, konsep waktu dalam mempelajari sejarah adalah masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

Baca Juga:  Sebutkan peristiwa penting yang terjadi menjelang proklamasi kemerdekaan

 

Masa masa lalu itu sendiri merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Tetapi, masa lalu bukan merupakan suatu masa yang final, terhenti, dan tertutup. Masa lalu itu bersifat terbuka dan berkesinambungan.

 

Sehingga, dalam sejarah, masa lalu manusia bukan demi masa lalu itu sendiri dan dilupakan begitu saja, sebab sejarah itu berkesinambungan apa yang terjadi dimasa lalu dapat dijadikan gambaran bagi kita untuk bertindak dimasa sekarang serta sebagai pijakan mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

 

Sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak di masa kini dan menjadi acuan untuk perencanaan masa yang akan datang. Seperti sebuah ungkapan “Semakin anak panah kita tarik kebelakang akan semakin jauh Jangkauannya, dengan belajar sejarah, mengetahui masa lampu maka kita akan dapat menyiapkan masa depan dengan lebih baik”. Sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak dalam kehidupan sosial, politik, budaya, dan ekonomi pada suatu ruang atau tempat tertentu. Sedangkan makna waktu secara konotatif berarti ruang yang merupakan tempat terjadinya peristiwa.

Baca Juga:  Bagaimana pendapatmu terkait kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia

Perspektif waktu merupakan dimensi yang sangat penting dalam sejarah. Sekalipun sejarah itu erat kaitannya dengan waktu lalu, tetapi waktu lalu itu terus berkesinambungan. Sehingga perspektif waktu dalam sejarah, ada waktu lampau, kini dan yang akan datang.

 

Waktu akan memberikan makna dalam kehidupan dunia yang sedang dijalani sehingga selama hidup manusia tidak dapat lepas dari waktu karena perjalanan hidup manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri.