Cara Memasukkan Word Ke Google Docs

Cara Memasukkan Word Ke Google Docs

Cara memasukkan word ke google docs yang bisa Anda lakukan sehingga Anda bisa kapanpun dan dimanapun mengerjakan dokumen. Anda tentunya sudah tidak asing lagi untuk menggunakan program Microsoft word? Lalu bagaimana dengan penggunaan Google Docs? Apa Anda sudah pernah memakai google docs?

 

Apa itu Google Docs?

Google Docs atau Google Dokumen merupakan layanan berbasis web gratis dari google yang bisa Anda gunakan untuk layanan pengolahan kata, pengolahan presentasi, formulir dan untuk penyimpanan data.

 

Google docs dan Microsoft word pada dasarnya mempunyai kesamaan, Anda bisa membuat, mengedit dan membagikan berbagai macam file dokumen.

 

Keunggulan Google Docs Dibanding Microsoft Word

Apabila Microsoft word cenderung dikerjakan secara offline, maka google docs adalah versi yang bisa dikerjakan secara online. Dengan google docs kamu bisa membuat, mengedit dan membagikan file dokumen secara real time online. Dengan hal ini membuat Anda bdan orang lain yang memiliki akses bisa mengedit, melihat dan bahkan bisa mengunduhnya.

Baca Juga:  10 Organ Luar Manusia dan Fungsinya

 

Hal tersebut membuat google docs mempunyai keunggulan dibandingkan dengan Microsoft word. Google docs membuat pengerjaan lebih efisien dan efektif. Anda bisa mengakses google docs dari berbagai macam perangkat seperti laptop maupun smartphone asalkan terhubung dengan internet.

 

Keunggulan lain dari google docs adalah Anda bisa meminimalisir kehilangan data dari dokumen yang telah kamu buat. Disamping mempunyai keunggulan google docs mempunya kelemahan disbanding Microsoft word yaitu untuk mengakses google docs Anda memerlukan jaringan internet. Tanpa Jaringan internet Anda tidak akan bisa membuka google docs.

Baca Juga:  Cara Bayar Pakai Gopay di Alfamart dan Indomaret Dengan Mudah

 

Cara Memasukkan Word Ke Google Docs

Untuk memasukkan word ke google docs kamu harus mempunyai akun google drive. Karena nantinya file dokumen Microsoft word Anda harus di upload terlebih dahulu ke dalam google drive sebelum anda bisa mengedit di google docs.

Cara memasukkan word ke Google Docs bisa anda lakukan dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka Google Drive pada perangkatmu seperti smarthone atau laptop
  2. Langkah selanjutnya klik New
  3. Selanjutnya pilih opsi File Upload untuk upload atau mengunggah file dokumen Word yang akan anda masukkan ke google docs, namun jika anda ingin mengunggah berupa folder yang berisikan beberapa file Word maka anda bisa pilih opsi Folder Upload
  4. Klik pada file word atau folder yang akan anda unggah dan pilih Open. Maka secara otomatis proses upload file akan dimulai.
  5. Setelah proses upload selesei, kemudian anda tinggal buka Google Docs
  6. Kemudian klik dua kali pada file dokumen Word yang akan Anda pindahkan ke dalam Google Docs
  7. Setelah itu pada menu drop down Open With, pilih opsi Google Docs. Label .DOCX di sebelah nama dokumen adalah format dokumen dalam Microsoft Word
  8. Pilih pada menu File
  9. Selanjutnya Save as Google Docs
  10. Lalu dokumen Versi baru akan terbuka di jendela terpisah
  11. Selesai! Sekarang anda telah memiliki dua versi file, yaitu file Microsoft word dan satunya lagi adalah file Google Docs.
Baca Juga:  Recruitment Pertamina Posisi Sr Officer HSSE (Balikpapan)

 

Demikianlah cara Memasukkan Word Ke Google Docs dengan mudah. Semoga dapat membantu pekerjaan dan masalah Anda.