Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian

Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian

Pertanyaan

Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian

A. isi

B. sampiran

C. seluruh bagian pantun

D. baris pertama dan kedua pantun.

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Kunci jawaban untuk soal amanat pantun biasanya terdapat pada bagian Isi (Jawaban A)

 

Pembahasan

Pengertian Amanat Pantun

Amanat adalah pesan moral atau yang kita kenal sebagai pemberian nasehat yang disampaikan seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui tindakan.

 

Amanat adalah kata yang memiliki arti pesan, nasehat atau informasi. Pada umumnya pesan atau pesan moral biasanya disampaikan melalui percakapan sehari-hari dan sering juga ditemukan dalam cerita.

Baca Juga:  Bahasa sandi yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu adalah pengertian dari Bahasa

 

Dalam cerita, pesan berarti nasehat yang disampaikan pengarang melalui karyanya. Pesan ini bersifat positif apabila semua isinya dikaitkan dengan pesan moral dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ciri-ciri Pantun

Mengutip dari buku EYD dan Pedoman Pembentukan Istilah dalam Bahasa Indonesia karya E. Weridh, pantun memiliki sifat tertentu yang tidak dapat diubah. Jika diubah akan menjadi puisi lama seperti seloka, gurindam dll.

 

Pantun mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tiap bait terdiri dari empat baris (larik)
  2. Tiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
  3. Rima akhir setiap baris adalah a-b-a-b
  4. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran
  5. Baris ketiga dan keempat merupakan isi

 

Struktur teks Pantun

Pantun yang sering dijumpai di Indonesia memiliki dua struktur yaitu sampiran dan isi.

  1. Sampiran

Sampiran adalah bagian awal pantun yang terletak pada baris 1 dan 2. Sampiran berfungsi untuk membentuk rima. Umumnya, sampiran tidak memiliki hubungan dengan isi pantun. Namun demikian, ada beberapa pantun yang bagian sampirannya berhubungan dengan bagian isi.

  1. Isi

Isi adalah bagian yang menjadi maksud atau tujuan pantun tersebut. Isi terletak pada baris 3 dan 4.

Baca Juga:  Mosi untuk debat harus memiliki kekuatan argumen mendukung dan menolak yang sama kuat. Artinya mosi harus

 

Peranan dan Fungsi Pantun

Pantun memainkan peran dan fungsi tertentu seperti karya sastra yang dibawakan dan menyajikan peran dan fungsi seseorang, dan dapat mencakup individu atau kelompok orang di daerah tertentu. Di bawah ini adalah beberapa peran dan fungsi yang dimainkan Pantun dalam kehidupan masyarakat.

 

  • Ciptakan pantun sebagai sarana melestarikan bahasa dan menjaga fungsi kata dan alur berpikir karena sebelum membuat pantun apapun, seniman akan memilih kata yang tepat dan sesuai.
  • Pantun membuat seseorang berpikir tentang makna yang ingin disampaikan, dan kata-kata yang akan diucapkan kepada orang lain agar tidak menyakiti perasaan orang tersebut.
  • Orang yang melakukan pantun secara langsung akan dilatih untuk berpikir secara kolektif, sangat cermat dan teliti dalam menyusun kata, karena kata yang dipilih akan berhubungan dengan kata lain.
  • Pantun memainkan fungsi yang sangat kuat dalam interaksi sosial, seperti menjadi alasan pantun masih bagus ketika digunakan untuk berkomunikasi dalam satu kelompok gaul.
  • Pantun juga dapat menunjukkan kecepatan dalam penalaran dan permainan kata, dan secara umum peran sosial yang dihadirkan Pantun adalah sebagai sarana untuk meningkatkan penyampaian pesan.
  • Pantun dapat mempertahankan media budaya dalam memperkenalkan nilai-nilai tradisional.
Baca Juga:  Adu argumen antara kedua belah pihak atau lebih baik itu kelompok atau individu disebut