Badan condong kedepan dagu diangkat badan agak miring ke samping kiri pandangan ke arah jatuhnya peluru hal ini merupakan tahapan gerakan tolakan peluru

Badan condong kedepan dagu diangkat badan agak miring ke samping kiri pandangan ke arah jatuhnya peluru hal ini merupakan tahapan gerakan tolakan peluru

Badan condong kedepan dagu diangkat badan agak miring ke samping kiri pandangan ke arah jatuhnya peluru. Hal ini merupakan tahapan gerakan tolakan peluru

A. cara memegang peluru

B. Sikap badan saat menolak peluru

C. cara menolakkan peluru

D. sikap badan setelah menolakkan peluru

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Badan condong kedepan dagu diangkat badan agak miring ke samping kiri pandangan ke arah jatuhnya peluru hal ini merupakan tahapan gerakan tolakan peluru pada tahapan cara menolak peluru (Jawaban C)

Baca Juga:  Bentuk gerakan lengan saat melakukan lay-up shoot bola basket adalah

 

Pembahasan

Tolak peluru adalah jenis olahraga yang terdapat dalam nomor lempar pada cabang atletik, di mana berbentuk gerakan menolak atau mendorong suatu peluru yang terbuat dari logam yang dilakukan dari atas bahu menggunakan satu tangan dengan tujuan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

 

Terdapat beberapa tahapan pada tolak peluru ini, salah satunya adalah sikap badan setelah menolakkan peluru yaitu dengan mencondongkan badan ke depan, dagu diangkat, badan agak miring ke samping kiri, pandangan ke arah jatuhnya peluru.

Baca Juga:  Akhir gerakan kaki yang benar setelah mengumpan atau menendang bola dengan kaki bagian luar adalah

 

Cara melakukan tolakan antara lain:

  1. Menolak peluru diawali dengan memutar badan ke arah tolakan
  2. Siku ditarik serong ke atas belakang dengan pinggul, pinggang, dan perut didorong ke depan agak ke atas hingga dada terbuka menghadap ke depan serong ke atas ke arah tolakan.
  3. Lanjutkan dengan dagu diangkat dan pandangan tertuju ke arah tolakan.
  4. Saat seluruh badan menghadap ke arah tolakan, secepatnya peluru tersebut ditolakkan sekuat-kuatnya ke atas ke depan ke arah tolakan diikuti dengan bantuan menolak kaki kanan dan melonjakkan seluruh badan ke atas serong ke depan.
Baca Juga:  Saat berjalan posisi kaki yang dibengkokkan adalah