Perbedaan membaca intensif dan ekstensif adalah sebagai berikut, kecuali

Perbedaan membaca intensif dan ekstensif adalah sebagai berikut, kecuali

Perbedaan membaca intensif dan ekstensif adalah sebagai berikut, kecuali

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Perbedaan membaca intensif dan ekstensif adalah Jika dalam membaca intensif kamu hanya membaca satu teks secara perlahan-lahan, dalam membaca ekstensif, kamu membaca beberapa teks terkait sekaligus dan dilakukan dengan cepat.

 

Metode Membaca Intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan suatu informasi.

 

Membaca ekstensif adalah jenis kegiatan membaca yang dilakukan secara saksama dengan sumber bacaan yang beragam.

Baca Juga:  Bahasa sandi yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu adalah pengertian dari Bahasa

 

Pembahasan

Metode Membaca Intensif

Metode Membaca Intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan suatu informasi. Ada beberapa tips yang harus kamu lakukan jika ingin menerapkan metode membaca yang satu ini. Apa saja, ya?

 

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membaca teks tersebut secara berurutan, mulai dari paragraf awal sampai paragraf akhir. Kenapa harus berurutan, sih? Ya, dong! Bacanya harus dilakukan secara berurutan karena dalam sebuah paragraf pasti ada satu hal penting yang ingin diungkapkan oleh penulisnya.

 

Baca Juga:  Pendahuluan dalam proposal berisi

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan hubungan antar paragraf. Kadang-kadang kamu akan menemukan paragraf yang berfungsi sebagai paragraf penegas dari paragraf yang lain. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan kata penghubung yang digunakan di paragraf tersebut, ya! Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan cara penulis mengungkapkan rincian peristiwa, memberikan contoh, atau menjelaskan detail. Hal-hal tersebut bisa digunakan untuk memperjelas pokok permasalahannya. Setelah ini, coba baca buku dengan metode intensif, yuk!

 

Metode Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif adalah jenis kegiatan membaca yang dilakukan secara saksama dengan sumber bacaan yang beragam. Jika dalam membaca intensif kamu hanya membaca satu teks secara perlahan-lahan, dalam membaca ekstensif, kamu membaca beberapa teks terkait sekaligus dan dilakukan dengan cepat. Hayo ngaku, kalau lagi belajar untuk ujian, kamu lebih sering melakukan metode membaca ini nggak, sih?

Baca Juga:  Apa yang harus diperhatikan dalam mengucapkan intonasi yang tepat

 

Manfaat kegiatan membaca ekstensif adalah kamu sebagai pembaca dapat memperoleh informasi lengkap dari berita yang memiliki topik yang sama. Teknik ini biasanya digunakan untuk memperluas wawasan dan memecahkan masalah secara teoretis. Lalu, bagaimana sih caranya membaca dengan menggunakan metode ekstensif? Ada satu teknik yang bisa kamu gunakan, namanya teknik POINT. Wah, apa tuh?

 

 

Sumber: ruangguru.com