awal dimulainya permainan bola basket

Awal dimulainya permainan bola basket

Awal dimulainya permainan bola basket

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Awal dimulainya permainan bola basket ditandai dengan Jump Ball atau Tip-Off.

 

Pembahasan

Pengertian Jump Ball

Jump Ball adalah Gerakan melemparkan bola ke atas yang dilakukan di depan kedua pemain yang berlawanan oleh seorang wasit dalam permainan bola basket disebut jump ball.

 

Pada sebuah pertandingan bola basket, jump ball dilakukan di dalam lingkaran yang berada di tengah lapangan. Bola dilambungkan oleh wasit ke udara di antara dua pemain yang berlawanan.

Baca Juga:  Bahan makanan yang mengandung bahan pengawet sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan penyakit

 

Bola yang dilambungkan wasit tersebut kemudian diperebutkan oleh dua pemain dari masing-masing tim yang bertanding. Satu orang pemain yang mempunyai tugas untuk merebut bola ketika jump ball dinamakan center.

 

Cara Melakukan Jump Ball

Dikutip dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), ada tata cara perihal melakukan jump ball. Berikut tata cara jump ball dalam bola basket:

  • Masing-masing pelompat harus berdiri dengan kedua kaki berada di dalam lingkaran tengah yang paling dekat dengan ring basketnya sendiri dengan satu kaki dekat dengan garis tengah.
  • Rekan satu tim tidak boleh menempati posisi yang berdekatan di sekitar lingkaran jika lawan ingin menempati salah satu posisi tersebut.
  • Wasit kemudian akan melempar bola ke atas (secara vertikal) di antara dua pemain yang saling berhadapan, lebih tinggi dari jangkauan lompatan kedua jumper tersebut.
  • Bola harus ditepis setidaknya dengan salah satu tangan pelompat setelah mencapai titik tertingginya. Tidak boleh ada pelompat meninggalkan posisinya sampai bola ditepis secara sah.
  • Tidak boleh ada pelompat yang menangkap atau melakukan tap bola lebih dari dua kali sampai bola tersebut menyentuh salah satu non pelompat atau lantai.
  • Jika bola tidak ditepis oleh setidaknya salah satu pelompat, jump ball harus diulang.
  • Tidak boleh ada bagian tubuh non-pelompat yang boleh berada di atas atau di atas garis lingkaran sebelum bola ditepis.
Baca Juga:  Ciri-ciri pernapasan dada ketika inspirasi dan ekspirasi adalah