Mengapa sosiologi dapat digolongkan sebagai ilmu pengetahuan

Mengapa sosiologi dapat digolongkan sebagai ilmu pengetahuan

Mengapa sosiologi dapat digolongkan sebagai ilmu pengetahuan

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Sosiologi dapat digolongkan sebagai ilmu pengetahuan karena sosiologi telah memenuhi ciri dari ilmu pengetahuan yaitu bersifat empiris, teoritis, kumulatif, dan nonetis.

Baca Juga:  Sebuah transformator step down terdiri atas kumparan primer dengan 1200 lilitan

 

Pembahasan

Definisi singkat tentang sosiologi

Pengertian dari sosiologi adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang interaksi antar manusia dan proses yang melestarikannya.

 

Sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan karena sosiologi merupakan kumpulan ilmu pengetahuan mengenai masyarakat dan kebudayaannya. Sosiologi dibangun secara sistematis dan logis berdasarkan pada analinis yang ilmiah. Selain itu, sosiologi memiliki 4 syarat  ilmu pengetahuan.

Baca Juga:  Sebutkan teknik pengolahan bahan pangan

 

4 Syarat  Ilmu Pengetahuan

  1. Sosiologi bersifat empiris. Sosiologi melakukan kajian-kajian di masyarakat menggunakan teknik observasi, penelitian, tidak spekulatif dan dibangun berasaskan akal sehat.
  2. Sosiologi bersifat teoritis. Sosiologi dibangun berdasarkan hubungan sebab-akibat dari suatu fenomena yang dibangun atas hasil observasi dan penelitian
  3. Sosiologi bersifat kumulatif. Teori-teori yang ada di sosiologi berasal dari teori-teori yang sudah ada sebelumnya dengan cara memperbaiki, memperluas, dan memperhalus teori-teori lama.
  4. Sosiologi bersifat non-etis. Yang dilakukan sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis. Itulah sebabnya para sosiologi tidak bertugas untuk berkhotbah dan mempergunjingkan baik buruknya tingkah laku sosial suatu masyarakat.
Baca Juga:  Ketika melakukan guling lenting, arah gerakan lecutan kedua kaki yang benar yaitu ke depan