Mengapa teks deskripsi penting bagi kita

Mengapa teks deskripsi penting bagi kita

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Karena Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks.

Baca Juga:  Tentukan zat pelarut dan zat terlarut dalam campuran air jeruk nipis

 

Pembahasan

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah jenis teks yang bertujuan untuk memaparkan kesan atau impresi ke pembaca terhadap suatu objek, tempat, atau peristiwa yang ingin dibahas oleh penulis.

 

Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII oleh Titik Harsiati juga dijelaskan bahwa teks deskriptif adalah teks yang berisi tanggapan deskriptif dan pribadi terhadap objek.

Baca Juga:  Tentukan ukuran diagonal-diagonal suatu belah ketupat yang memiliki luas 48 cm

 

Teks deskriptif menggambarkan atau mendeskripsikan dengan kata-kata secara jelas dan rinci dari sudut pandang subjektif penulis. Hal-hal yang dijelaskan dipilih dari sudut pandang penulis sendiri. Teks deskriptif juga dikenal sebagai teks tanggapan deskriptif.

 

Tujuan Teks Deskripsi

Menurut buku Kisi-Kisi Terbaru UN+USBN SMP/MTs 2018 yang disusun oleh Tim Edu Penguin, sederhananya tujuan dari teks deskripsi adalah untuk menggambarkan segala sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, maupun benda mati.

Baca Juga:  Dalam permainan softball, pergantian dilakukan apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak ... orang

 

Penjelasannya mengacu pada sifat-sifat yang melekat pada benda, mulai dari jenis, ukuran, warna, dan lain-lain. Tujuannya agar pembaca dapat mengetahui ciri-ciri sesuatu melalui pesan-pesan dalam teks.

 

Penjelasan mengenai tujuan teks deskripsi juga disampaikan oleh Titik Harsiati dalam bukunya. Tujuan teks deskriptif menggambarkan objek dengan merincikan objek secara subjektif atau menggambarkan kondisi objek dari sudut pandang penulis.