apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya

Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya

Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya adalah teks prosedur berisi tentang penyajian langkah-langkah yang akan diikuti pembaca dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

 

Isi dari prosedur teks itulah yang menjadi perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya. Tak hanya itu, penggunaan kalimat dan bahasa dalam teks prosedur teks juga menjadi poin penting yang membedakan prosedur teks dengan jenis teks prosedur lainnya.

Baca Juga:  Tentukan volume kubus yang luas alasnya 49 cm2

 

Pembahasan

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah atau tahapan untuk melakukan suatu hal. Langkah tersebut dapat berupa melakukan kegiatan maupun membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.

 

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Baca Juga:  Karakteristik Sel Pada Fase Interfase Yang Tepat Adalah

 

Isi di dalam teks prosedur yang memuat petunjuk tentang suatu pekerjaan menjadi karakteristik teks prosedur yang berbeda dengan teks lainnya.

 

Berbeda dengan teks laporan percobaan yang juga memuat langkah-langkah suatu kegiatan, teks prosedur disusun untuk menjadi panduan agar bisa menyelesaikan suatu pekerjaan, sedangkan teks laporan percobaan disusun setelah melaksanakan langkah-langkah tersebut.

Baca Juga:  Tentukan ukuran diagonal-diagonal suatu belah ketupat yang memiliki luas 48 cm

 

Tujuan Teks Prosedur

Tujuannya Teks Prosedur adalah supaya pembaca melakukan secara tepat langkah yang sudah diinformasikan, sehingga hasilnya lebih akurat.

 

Ciri-ciri teks prosedur adalah:

  • Menyediakan informasi soal bahan dan alat yang digunakan.
  • Menggunakan kalimat perintah.
  • Menggunakan kata-kata yang bersifat teknis.
  • Tujuannya jelas menghasilkan sesuatu.
  • Banyak menggunakan kata konjungsi seperti setelah itu, selanjutnya, dan lalu.
  • Berisi permintaan dan himbauan.