untuk apa saja penemuan tersebut digunakan

Untuk apa saja penemuan tersebut digunakan

Untuk apa saja penemuan tersebut digunakan

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Banyak penemuan yang sangat berpengaruh di kehidupan sekarang. Bahkan, ada banyak penemuan di masa lalu yang masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari hingga saat ini.

 

Tentu, hasil penemuan tersebut membuat hidup jauh menjadi lebih mudah. Semangat ilmuan dalam mengembangkan teknologi dan menciptakan hal-hal baru memberikan manfaat yang besar hingga sekarang.

 

Penemuan dari para ilmuan

Lampu

Lampu pertama kali ditemukan Thomas Alva Edison. Ia merupakan seorang pengusaha sukses di Amerika dan mulai mengembangkan lampu pijar pada 1878-1879.

 

Penemuan lampu tentu sangat berpengaruh di kehidupan sekarang. Teknologi lampu ini membantu manusia melakukan berbagai aktivitas tanpa harus terhalang oleh gelap.

 

Telepon

Telepon diciptakan oleh Alexander Graham Bell sekitar 1876. Tentu, telepon yang kita gunakan saat ini sangat jauh berbeda dari saat pertama kali ditemukan.

Baca Juga:  Jelaskan alasan gejala sosial bersifat kualitatif

 

Telepon sangat membantu kehidupan saat ini karena membuat seluruh manusia terhubung tanpa terhalang oleh jarak. Manusia dapat berkomunikasi melalui suara dengan orang yang berada di luar kota, provinsi, bahkan negara tanpa terbatas pada ruang dan waktu.

 

Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika serikat pada 1969. Melalui lembaga ARPA, jaringan ini kemudian diberi nama ARPANET.

 

Internet merupakan salah satu penemuan terbaik dalam kehidupan manusia. Saat ini, hampir seluruh aspek kehidupan menggunakan internet. Internet sangat membantu dalam percepatan mengirim dan mencari informasi.

 

Kompas

Sebelum diperkenalkannya alat kompas itu, penentuan arah, posisi maupun tujuan di laut mengandalkan pengamatan posisi bintang maupun bentuk langit.

 

Baca Juga:  Perubahan besar termasuk bentuk perubahan sosial di masyarakat perubahan besar tersebut akan membawa pengaruh yang besar bagi masyarakat hal ini dikarenakan oleh

Namun, setelah ditemukannya kompas, di Tiongkok pada abad ke-9 dan 11, mampu mengubah cara orang untuk mencari posisi tertentu. Pada awalnya, kompas dibuat dari batu magnet. Catatan mengenai penggunaan kompas ini ditemukan pada referensi sastra terawal Tiongkok pada tulisan Wang Xu pada abad ke-4 sebelum Masehi.

 

Mesin Pembakaran Internal

Temuan ini muncul pada paruh kedua abad 19 yang menghiasi perkembangan di masa industri. Pada mesin ini, pembakaran bahan bakar melepaskan gas bersuhu tinggi, dan pada akhirnya memperluas serta memberikan gaya pada piston. Dengan temuan ini, merevolusi mesin mobil dan pesawat modern.

 

Komputer

Barangkali, dunia saat ini tak terbayangkan bila tanpa adanya mesin komputer.

 

Mesin komputer pertama kali dikembangkan oleh Charles Babbage, seorang insinyur mekanik dan matematika. Awalnya, ia mengembangkan konsep komputer yang mampu diprogramkan, hingga akhirnya ia menemukan mesin komputer pertama pada awal abad 19.

Baca Juga:  Jelaskan konsep tentang ilmu pengetahuan logika

 

Sementara itu, prinsip komputer modern pertama kali digambarkan ilmuwan komputer, Alan Turing, dalam sebuah makalah pada 1936.

 

Penisilin

Penisilin merupakan kelompok antibiotik yang dihasilkan dari jamur Penicillium. Penemuan penisilin dialamatkan kepada ilmuwan Skotlandia dan pemenang nobel, Alexander Fleming pada 1928.

 

Fleming menggambarkan, jika Penicillium rubens ditumbuhkan dalam substrat yang tepat, akan memancarkan zat dengan sifat antibiotik.

 

Selanjutnya, para ahli kimia memurnikan penisilin dan mengembangkan menjadi obat penisilin, yang mana banyak berkontribusi penyembuhan infeksi pada manusia. Penisilin diproduksi massal pada 1944.

 

Roda

Benda ini telah menjadi bagian penting pada kendaraan, mulai dari sepeda, motor sampai mobil.

 

Roda ditemukan sejak 3500 sebelum masehi. Dengan benda ini fasilitas pertanian sampai perdagangan bisa mengirimkan barang-barang. Bagaimanapun keberadaan benda itu telah mengubah kehidupan manusia dan digunakan pada hampir semua kendaraan.