Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut

Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut

Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut Timbre

 

Pembahasan

Timbre adalah warna bunyi/tone color. Dalam penggunaannya, timbre dapat digunakan sebagai pembeda kualitas bunyi yang membantu kita untuk mengenali berbagai bunyi yang dihasilkan oleh alat musik kendati dalam frekuensi dan intensitas yang sama. Timbre tidak memiliki skala ilmiah layaknya intensitas. Namun, timbre seringkali digambarkan dalam bentuk kata subjektif seperti “kaya”, “hidup”, “hambar ”, “pengap”, atau “cerah”. Salah satu alat musik yang memiliki warna nada yang kaya adalah gitar, sedangkan alat musik biola Stradivarius memiliki warna nada yang jernih, hangat dan penuh jiwa.

Baca Juga:  Sebuah bola yang mempunyai momentum P menumbuk dinding dan memantul. Tumbukan bersifat lenting sempurna dan arahnya tegak lurus. Besar perubahan momentum

 

Timbre pada musik dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu sumber bunyi dan bagaimana bunyi tersebut bergetar. Biasanya alat musik yang dimainkan dengan cara digesek akan memiliki warna musik (timbre) yang berbeda dengan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik walaupun kedua alat music tersebut dimainkan nada yang sama. Misalnya, gitar dan biola yang memiliki warna musik yang berbeda.

Baca Juga:  Jelaskan yang dimaksud dengan pola makan sehat

 

Timbre dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Instrumental, jenis yang tergantung pada fitur struktural instrumental dan sifat ekstraksi suara
  2. Harmonik, jenis yang tergantung dari sifat kombinasi suara
  3. Register, jenis tergantung pada nada alami suara
  4. Bertekstur, jenis yang tergantung pada viskositas suara