Tentukan zat pelarut dan zat terlarut dalam campuran air jeruk nipis

Tentukan zat pelarut dan zat terlarut dalam campuran air jeruk nipis

Tentukan zat pelarut dan zat terlarut dalam campuran air jeruk nipis

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

DAFTAR ISI

Jawaban

Berikut adalah zat pelarut dan zat terlarut yang terdapat dalam campuran air jeruk nipis:

  • Zat pelarut dalam campuran tersebut adalah air.
  • Zat terlarut dalam campuran tersebut adalah perasan jeruk nipis.
Baca Juga:  Kemukakan sifat hakikat sosiologi

 

Pembahasan

Campuran adalah gabungan antara dua zat atau lebih yang menghasilkan suatu zat baru. Pada pembuatan campuran, tidak ada reaksi kimia yang terjadi. Hanya penggabungan dari zat-zat yang bercampur saja. Sehingga, sifat dari campuran akan selalu sesuai dengan sifat zat aslinya.

 

Zat pelarut atau yang juga dikenal dengan sebutan solven adalah zat yang memiliki jumlah lebih banyak daripada zat-zat lain dalam campuran. Sedangkan zat terlarut atau solut memiliki jumlah yang lebih sedikit daripada zat-zat lain dalam campuran.

Baca Juga:  Jelaskan hal hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya wawancara

 

Pada campuran air jeruk nipis, normalnya komposisi air yang dicampurkan lebih banyak daripada komposisi perasan jeruk nipis. Oleh karena itu:

 

  • Air merupakan solven atau zat pelarut karena memiliki jumlah yang lebih banyak daripada perasan jeruk nipis.
  • Sedangkan perasan jeruk nipis merupakan solut atau zat terlarut karena memiliki jumlah yang lebih sedikit daripada air.
  • Karena sifat campuran sama dengan sifat zat aslinya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa air jeruk nipis bersifat asam dan terasa kecut.
Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri membelah menjadi tiga bagian setiap 14 menit. Jika banyak bakteri mula-mula adalah 25 dan membutuhkan waktu t menit untuk membelah menjadi 18.225. Jika suatu bakteri memeblah menjadi tiga bagian setiap 28 menit selama tt menit, maka banyaknya bakteri tersebut adalah