Apa perbedaan serat alami dan buatan

Apa perbedaan Bahan Serat Alami dan Buatan

Apa perbedaan Bahan Serat Alami dan Buatan

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Bahan serat dapat dibagi menjadi serat alam dan serat buatan yang memiliki perbedaan dalam pengambilan jenis bahannya.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), serat dimaknai sebagai material yang memiliki perbandingan panjang dan lebar sangat besar, dan molekul penyusunnya terorientasi terutama ke arah panjang.

Baca Juga:  Sepotong kawat sepanjang 60 cm berada dalam medan magnet yang berkekuatan 2500 wb/m2. besarnya gaya lorentz yang terjadi jika kawat tersebut berarus listrik 300 miliampere adalah

 

Dalam buku Prakarya Kelas VII (Kemdikbud 2017) disebutkan, bahan serat merupakan jenis bahan berwujud potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan utuh memanjang.

 

Perbedaan Serat Alami dan Serat Buatan

Melansir laman Sumber Belajar Kemdikbud, dilihat dari asal penyusunnya maka serat terdiri dari serat alami dan serat buatan. Keduanya memiliki memiliki asal bahan yang berbeda. Berikut ini perbedaan keduanya:

  1. Bahan Serat Alami

Serat alami merupakan bentuk serat yang asalnya diperoleh langsung dari alam. Oleh karena itu terkadang disebut bahan serat alam. Serat alam dapat diperoleh dari tumbuhan, hewan dan bahan tambang. Serat ini mempunyai sifat yang hampir serupa yaitu padat, kuat, gampang kusut, dan tahan disetrika.

Baca Juga:  Sebutkan salah satu kegunaan sejarah jika dihubungkan dengan konsep ruang dan waktu

 

  1. Bahan Serat Buatan

Serat buatan adalah serat dengan molekul yang disusun secara sengaja oleh manusia. Serat ini jauh lebih mudah untuk diproduksi massal dengan biaya produksi lebih murah. Ciri serat buatan yaitu kuat dan lebih tahan terhadap gesekan.