Jelaskan dimensi nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi terbuka

Jelaskan dimensi nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi terbuka

Jelaskan dimensi nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi terbuka

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Dimensi nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai ideologi terbuka yaitu dimensi realitas, dimensi idealitas, dan dimensi fleksibilitas.

 

Berikut tiga dimensi Pancasila sebagai ideologi yang terbuka:

  1. Dimensi realitas

Dimensi realitas bermakna bahwa nilai nilai dasar yang dikandung oleh ideologi tersebut adalah nyata mengakar dan hidup di dalam masyarakat indonesia. Nilai-nilai dalam Pancasila bisa dengan mudah kita temukan dalam masyarakat yang tumbuh dan menjadi bagian dari identitas budaya.

Trending:  FIVB dibentuk di negara

 

  1. Dimensi idealisme (idealitas)

Dimensi idealisme (idealitas) adalah bahwa nilai nilai dasar tersebut mengandung cita-cita yang hendak dicapai dalam segala bidang kehidupan berbangsa. Ideologi tersebut tak sekedar menggambarkan hakikat manusia serta kehidupannya tetapi juga mendeskripsikan gambaran ideal masyarakat dengan sekaligus memberi arahan sebagai pedoman.

 

  1. Dimensi fleksibilitas

Dimensi fleksibilitas mengandung makna bahwa ideologi tersebut mempunyai keluwesan, dengan demikian mampu sejalan dan berkembang bersama dengan pemikiran pemikiran baru yang relevan tanpa harus kehilangan jati diri atau hakikat yang dikandung.

Trending:  Jelaskan cara melakukan vertical jump yang benar

 

Pembahasan

Dalam ideologi terbuka diperlukan adanya dialog yang intensif tentang nilai ideal yang terkandung dalam Pancasila dengan realitas kehidupan dalam masyarakat, sehingga terwujud suasana harmonis antara keduanya. Di samping ideologi terbuka itu berkembang dinamis dan aktual, juga bersifat antisipatif dan interaktif dengan tuntutan jaman.

 

Sebaliknya jika suatu ideologi itu bersifat tertutup maka akan mandeg dan beku, konservatif, serta tidak mampu berinteraksi dengan tuntutan perkembangan jaman sehingga mudah ditinggalkan oleh pengikutnya.

Trending:  Ada beberapa jenis debat. Salah satunya yaitu yang dilakukan oleh anggota parlemen yaitu jenis debat

 

Pancasila memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka karena mengandung tiga dimensi, yaitu dimensi realitas, dimensi idealitas, dan dimensi fleksibilitas. Pada dimensi realitas, nilai-nilai Pancasila digali dari nilai asli bangsa dan oleh bangsa kita sendiri. Hal ini nampak dalam fakta historis bahwa nilai-nilai Pancasila tercermin dalam realitas hidup masyarakat kita sejak jaman dahulu kala.

 

Dalam dimensi idealitas, nilai-nilai Pancasila baik sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara diyakini terbaik dan paling tepat bagi bangsa Indonesia. Walaupun dalam perjalanan sejarah kehidupan bangsa ini, pelaksanaan Pancasila mengalami pasang surut tetapi memiliki kadar idealisme dan tetap mampu memberi harapan yang terbaik bagi bangsa kita.

Trending:  Kedua lengan dibengkokan dan dagu dirapatkan ke dada serta telapak tangan mengarah ke atas merupakan

 

Sedangkan dalam dimensi fleksibilitas, nilai-nilai Pancasila mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan bahkan bersifat lestari.

 

Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung tiga tataran nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis. Nilai dasar tersebut sebagaimana terkandung dalam pembukaan UUD 1945, seperti cita-cita bangsa, tujuan negara, dan dasar negara Pancasila yang bersifat tetap dan abadi.

Trending:  Gerakan lengan yang benar pada teknik dasar tenis servis atas saat memukul bola adalah

 

Nilai instrumental merupakan pengejawantahan dari nilai dasar yang berupa peraturan perundangan yang dapat ditinjau kembali disesuaikan dengan perkembangan jaman.

 

Sementara itu nilai praksis berupa pelaksanaan nyata nilai dasar dan nilai instrumental dalam kehidupan seharihari sehingga harus selalu beradaptasi dengan tuntutan kehidupan yang serba berubah ini.

 

Tegasnya, nilai dasar ideologi Pancasila tidak dapat dirubah oleh siapapun, sedangkan nilai instrumental dan nilai praksis bersifat terbuka dalam menerima perubahan sejauh tidak menyimpang dengan nilai dasarnya.