Jelaskan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis!

Jelaskan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis

Jelaskan konsep asam basa menurut teori Arrhenius

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Jelaskan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis:

  • Menurut Arrhenius, Asam merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion H+. Basa merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion OH-
  • Basa menurut Arrhenius adalah senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion OH-
  • Asam menurut Bronsted-Lowry adalah pemberi/donor proton (H+)
  • Basa menurut Bronsted-Lowry adalah penerima/akseptor proton
  • Asam menurut Lewis adalah penerima/akseptor Pasangan Elektron Bebas (PEB)
  • Basa menurut Lewis adalah pemberi/donor Pasangan Elektron Bebas (PEB).
Trending:  Jelaskan perbedaan antara penokohan langsung dan tidak langsung

 

Penjelasan

Teori Asam Basa

Berdasarkan materi yang baru saja anda pelajari, maka dapat disimpulkan bahwa metode konservasi tanah terdiri atas:

  1. Secara umum Asam mempunyai rasa masam dan basa mempunyai rasa pahit.
  2. Menurut Arrhenius, Asam merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion H+. Basa merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion OH-.
  3. Senyawa asam yang menghasilkan satu ion hidrogen per molekul disebut asam monoprotik, Senyawa asam yang menghasilkan dua ion hidrogen per molekul disebut asam diprotik, Senyawa asam yang menghasilkan tiga ion hidrogen per molekul disebut asam triprotik, dan Secara umum semua asam yang menghasilkan lebih dari satu ion hidrogen disebut asam poliprotik.
  4. Senyawa basa yang menghasilkan satu ion hidroksida per molekul disebut basa monoprotik, Senyawa basa yang menghasilkan dua ion hidroksida per molekul disebut basa diprotik, Senyawa basa yang menghasilkan tiga ion hidroksida per molekul disebut basa triprotik, dan Secara umum semua basa yang menghasilkan lebih dari satu ion hidroksida disebut basa poliprotik.
  5. Asam kuat merupakan senyawa asam yang terionisasi sempurna menghasilkan ion H+ dalam larutannya. Sedangkan asam lemah merupakan senyawa asam yang tidak terionisasi sempurna dalam larutannya
  6. Basa kuat merupakan senyawa basa yang terionisasi sempurna menghasilkan ion OH- dalam larutannya. Sedangkan basa lemah merupakan senyawa basa yang tidak terionisasi sempurna dalam larutannya.
  7. Menurut Bronsted-lowry, Asam adalah senyawa yang dapat memberikan proton kepada senyawa lain atau disebut donor proton, sedangkan Basa adalah senyawa yang menerima proton dari senyawa lain atau disebut aseptor proton.
  8. H2O atau air bersifat amfoter karena dapat bersifat asam dan basa.
  9. Menurut Lewis, asam adalah suatu molekul atau ion yang dapat menerima pasangan elektron, sedangkan basa adalah suatu molekul atau ion yang dapat memberikan pasangan elektronnya.
Trending:  Jelaskan yang dimaksud dengan perkembangan dan pertumbuhan seseorang