Meliukkan badan ke belakang sambil memegang bola termasuk gerak dasar

Meliukkan badan ke belakang sambil memegang bola termasuk gerak dasar

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Meliukkan badan ke belakang sambil memegang bola termasuk gerak dasar non lokomotor karena Pasalnya gerakan melikukkan badan dilakukan tanpa menghasilkan perpindahan tempat dari tempat asal.

Trending:  Tentukan 4 faktor internal penyebab perubahan budaya

 

Penjelasan

Gerak dasar terdiri dari tiga macam, yakni gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulative. Gerak dasar digunakan oleh manusia untuk melakukan setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

 

Berikut adalah penjelasan dari ketiga jenis gerak dasar tersebut, yakni.

  • Gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dan ditandai dengan adanya perpindahan tempat dari tempat asal ke tempat yang lain. Contoh dari gerak lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat, dan berguling.
  • Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dan ditandai tanpa adanya perpindahan tempat dari tempat asal, atau minim terjadinya perpindahan tempat. Contoh dari gerak non lokomotor adalah meliukkan badan, membungkuk, mengayunkan tangan dan kaki, dan memutar sendi tangan dan kaki.
  • Gerak manipulatif adalah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti tongkat dan bola. Contoh dari gerak manipulatif adalah menangkap, melempar, memukul, dan menendang.
Trending:  Jelaskan macam-macam tema dalam seni lukis