Dampak Negatif Dari Pemanfaatan Bioteknologi Terhadap Kondisi Lingkungan Adalah

Dampak Negatif Dari Pemanfaatan Bioteknologi Terhadap Kondisi Lingkungan Adalah

Dampak Negatif Dari Pemanfaatan Bioteknologi Terhadap Kondisi Lingkungan Adalah

LIHAT KUNCI JAWABAN

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Penyeleseian

Dampak negatif yang ditimbulkan dari pemanfaatan bioteknologi terhadap kondisi lingkungan adalah sebagai berikut :

  • Memungkinkan terjadinya kerusakan ekosistem;
  • Berkurangnya keanekaragaman mahkluk hidup;
  • Menyebabkan proses pembusukan tidak terjadi, akibatnya sampah hanya akan menumpuk;
  • Menyebabkan ukuran tanaman menjadi kerdil dan tidak mampu menghasilkan hasil panen yang baik;
  • Pada tumbuhan dengan jenis yang lain tidak akan mampu untuk melakukan pertumbuhan dengan normal karena bioteknologi;
  • Menyebabkan populasi serangga musnah; dan
  • Menyebabkan nasib para petani tradisional yang menggunakan cara alami (pemupukan dan penyemprotan hama) akan mengalaami kerugian.

 

 

Pembahasan Lebih Lanjut

Penjelasan dan Manfaat Bioteknologi

Bioteknologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari bentuk dan cara pemanfaatan makhluk hidup seperti mikroorganisme (bakteri, fungsi virus dan lain-lain) ataupun produk dari makhluk hidup berupa enzim, alkohol, antibiotik dan asam anorganikk) dalam produksi yang bertujuan untuk memperoleh barang atau jasa yang dapat digunakan oleh manusia.

Baca Juga:  Mengapa bagian atas dinamakan penjelasan umum

 

Secara singkat, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menyatukan cabang-cabang ilmu dalam proses produksi suatu produk. Bioteknologi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu teknik atau cara modern yang dapat mengubah bahan mentah melalui transformasi biologi, sehingga menjadi produk yang berguna dan lebih bermanfaat.

 

Secara garis besar terbagi menjadi dua jenis yakni bioteknologi modern dan bioteknologi konvensional. Bioteknologi konvensional adalah metode bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan suatu produk, seperti bakteri, jamur dan virus yang dapat menghasilkan enzim-enzim tertentu untuk melakukan proses metabolisme agar menghasilkan produk tertentu.

Baca Juga:  Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh

 

Berbeda dengan bioteknologi modern, bioteknologi modern sudah menggunakan pemanfaatan dari struktur dan fungsi suatu DNA, sedangkan mikroorganisme dalam bioteknologi modern ini masih digunakan tetapi hanya sebagai agen.

 

Pada bioteknologi modern membutuhkan penggunaan alat dan perlengkapan yang canggih untuk menunjang proses pembuatannya. Bioteknologi mempunyai manfaat yang banyak terhadap kehidupan diberbagai bidang, seperti bidang pertanian, ekonomi, kesehatan, peternakan, pangan dan pendidikan.

 

  • Dampak Positif Bioteknologi

Penerapan cabang ilmu biologi ini berkaitan erat dengan kehidupan manusia, hal ini dikarenakan bioteknologi dikembangkan dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah kehidupan manusia, sehingga banyak sekali dampak positif yang dapat diperoleh dari manusia dari adanya bioteknologi ini. Dampak positif dari bioteknologi, diantaranya meliputi :

  • menghasilkan produk makanan terbaru (inovatif) dengan memanfaatkan peran bakteri dan jamur yang disebut fermentasi
  • membantu untuk menghasilkan tanaman yang kebal terhadap hama atau meningkatkan kualitas tanaman
  • menghasilkan penemuan berbagai jenis obat baru dan vaksin serta mampu membantu proses perkembangbiakkan pada makhluk hidup.
Baca Juga:  Mean dari 12 data adalah 6 5 tentukan jumlah seluruh data tersebut

 

  • Dampak Negatif Bioteknologi

Sejalan dengan perkembangannya penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari semakin meluas, ada banyak dampak positif yang dapat diperoleh. Namun tidak menutup kemungkinan bioteknologi juga mempunyai dampak buruk yang ditimbulkan pada kehidupan manusia. Dampak negatif atau buruk dari bioteknologi diantaranya, yaitu :

  • memicu hilangnya plasma nutfah yang dikarenakan produksi bioteknologi hanya terfokus pada budidaya makhluk hidup unggul saja
  • menimbulkan alergi pada tubuh dimana gen asing yang digunakan sebagai bahan membuat makanan atau minuman ada yang tidak bisa diterima oleh tubuh
  • menyebabkan kerusakan pada ekosistem disebabkan kondisi normal lingkungan berubah, mencemari lingkungan dan menganggu aktivitas otak khususunya produk minuman yang mengandung alkohol.