Makanan yang tidak melalui pencernaan tetapi langsung diserap usus adalah vitamin dan mineral

Makanan Yang Tidak Melalui Pencernaan Tetapi Langsung Diserap Usus Adalah

Makanan Yang Tidak Melalui Pencernaan Tetapi Langsung Diserap Usus Adalah

LIHAT KUNCI JAWABAN

 

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Penyeleseian

Makanan yang tidak melalui pencernaan tetapi langsung diserap usus adalah vitamin dan mineral

 

Penjelasan

Zat makanan dapat digolongkan secara umum menjadi makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah zat makanan yang mengandung tinggi kalori dan berfungsi memenuhi kebutuhan kalori harian. Yang tergolong dalam makronutrien adalah karbohidrat, protein dan lemak. Mikronutrien adalah zat makanan yang mengandung unsur renik yang berguna untuk menunjang aktivitas metabolik sel-sel tubuh; yang termasuk dalam mikronutrien ialah vitamin dan mineral.

Baca Juga:  Daya pada kumparan primer dari sebuah transformator adalah 500 watt. Jika daya pada kumparan sekunder 450 watt, efisiensi transformator adalah

 

Tidak seperti makronutrien yang memerlukan pencernaan (mis. melalui proses mengunyah, tercampur enzim, teraduk, lalu diserap, diolah di hati dan didistribusikan ke seluruh tubuh), mikronutrien pada umumnya akan langsung diserap oleh usus. Pemecahan oleh enzim dari unsur utamanya mungkin diperlukan sebelumnya (mis. buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral tentu terlebih dahulu perlu diproses secara umum sebelum akhirnya sari-sarinya bisa diserap usus). Proses penyerapan usus ini nantinya bisa berupa transpor pasif dan transpor aktif; detail mekanismenya tidak akan dibahas disini dan jika Anda tertarik untuk mempelajarinya dapat dibaca di buku ilmiah yang sesuai.

Baca Juga:  Bentuk latihan yang menunjang untuk meningkatkan kemampuan daya tahan otot jantung dan paru adalah