10 Organ Luar Manusia dan Fungsinya

Manusia memiliki berbagai macam organ luar dan organ dalam yang berfungsi untuk menjaga agar tubuh tetap berfungsi. Apa saja organ luar manusia?

 

Sistem organ manusia adalah sekelompok organ yang mendukung dan bekerja sama untuk menjaga agar tubuh berfungsi secara normal. Kesehatan tubuh manusia ditentukan oleh berfungsinya sistem organ.

 

Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki satu atau lebih fungsi. Tergantung pada lokasinya, organ dalam tubuh dibagi menjadi organ dalam dan organ luar. Jantung, ginjal, lambung, dan usus adalah contoh organ dalam, sedangkan hidung dan kulit adalah contoh organ luar.

 

Berbagai jenis organ ini bekerja sama untuk membentuk sistem organ tubuh manusia. Jika salah satu organ tidak berfungsi dengan baik, maka akan mempengaruhi organ lain di dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk menjaga fungsi sistem organ setiap saat.

Trending:  40 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda Siap Pakai

 

Organ luar adalah organ di permukaan tubuh manusia yang dapat dilihat dari luar tubuh manusia. Contoh organ luar manusia antara lain kulit, mata, mulut, kaki, tangan, hidung, rambut, kuku, telinga, dan alat kelamin.

 

10 organ luar manusia dan ciri-cirinya

 

  1. Kulit

Kulit merupakan organ luar yang menutupi hampir setiap permukaan tubuh manusia dan merupakan organ terbesar dalam tubuh. Karena kulit adalah organ manusia yang berhubungan langsung dengan lingkungan luar, maka kulit memiliki struktur yang kompleks dan memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Trending:  3 Aplikasi Trading Terpercaya

 

Menurut l Health and Safety Executive, fungsi kulit tubuh manusia adalah sebagai berikut.

  • Ini melindungi tubuh dari kerusakan mekanis dan termal.
  • Menjaga kelembapan tubuh.
  • Mengurangi efek berbahaya dari sinar UV.
  • Ini adalah organ sensorik tubuh.
  • Bantal melindungi tulang dan otot.
  • Membantu mengatur keseimbangan suhu tubuh.
  • Membantu pembuluh darah dan fungsi sistem saraf.
  • Sistem kekebalan tubuh untuk mendeteksi penyakit menular dan alergi.
  • Membantu tubuh memproduksi vitamin D.

 

  1. Mata

Mata adalah organ indera manusia, dan itu adalah organ luar tubuh manusia. Mata menopang organ luar berupa kelopak mata, bulu mata, dan alis. Mata mengubah cahaya menjadi impuls listrik. Hal ini memungkinkan manusia untuk melihat segala sesuatu di sekitar mereka.

Trending:  Recruitment Pertamina Posisi Sr Officer HSSE (Tuban)

 

  1. Mulut

Mulut adalah organ luar manusia yang terdiri dari bibir, gigi, gusi, rongga mulut, langit-langit mulut, kelenjar ludah, dan lidah.

 

Mulut memiliki dua fungsi utama. Artinya, pencernaan makanan dan komunikasi. Namun, mulut juga berfungsi sebagai sensasi rasa yang memungkinkan manusia untuk merasakan manis, asin, asam, dan pahit.

 

  1. Kaki

Kaki merupakan organ luar yang terdiri dari 28 tulang dan 30 persendian. Kaki berfungsi sebagai alat gerak bagi seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berdiri, berlari, berjalan, berolahraga, dan melakukan berbagai tugas.

 

  1. Tangan

Seperti halnya kaki, tangan merupakan organ luar yang berfungsi sebagai alat gerak. Tangan memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai aktivitas fisik, termasuk menulis, menulis, menjahit, berolahraga, dan berbagai aktivitas lainnya.

Trending:  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Jepang Gratis dengan Tunjangan 17Juta

 

  1. Hidung

Hidung merupakan organ luar yang berfungsi tidak hanya sebagai organ penciuman, tetapi juga sebagai bagian penting dari sistem pernapasan manusia. Hidung memurnikan udara sebelum memasuki saluran udara.

 

  1. Rambut

Rambut merupakan organ luar yang terdapat di berbagai bagian tubuh seperti kepala, kaki, tangan dan hidung. Rambut juga memiliki fungsi penting sebagai organ internal dalam tubuh. Fungsi rambut adalah sebagai berikut.

  • Secara mekanis melindungi kulit.
  • Sebagai alat indera dalam tubuh.
  • Membantu mengatur air tubuh.
  • Ini mengeluarkan minyak dan keringat.
  • Membantu mengatur keseimbangan suhu tubuh.

 

  1. Kuku

Biology LibreTexts melaporkan bahwa kuku adalah organ eksternal yang terdiri dari keratinosit mati, yang terletak di ujung jari tangan dan kaki. Fungsi kuku manusia adalah sebagai berikut:

  • Memperkuat jari kaki dan tangan Anda.
  • Meningkatkan sensori yang dirasakan tubuh.
  • Melindungi jaringan saraf yang dibawahnya.
  • indikator saturasi oksigen.
  • Meningkatkan gerakan motorik yang lebih halus.
Trending:  Kode Promo MCD Januari 2022: 1 Pcs Ayam Hanya 5000

 

  1. Telinga

Telinga adalah dua pasang organ luar manusia di kedua sisi kepala. Telinga memiliki dua fungsi utama: pendengaran dan keseimbangan. Telinga manusia memberikan kemampuan untuk mendengar semua jenis suara dalam rentang frekuensi suara.

 

Telinga juga mengatur keseimbangan tubuh dari rangsangan yang diterimanya. Telinga, lapor Healthline, memungkinkan tubuh menghadapi perubahan kecepatan dan arah kepala. Ini memungkinkan gerakan yang seimbang dan terkoordinasi tanpa jatuh atau cedera.

 

  1. Alat kelamin

Alat kelamin baik pada wanita dan pria adalah organ luar. Organ reproduksi berfungsi sebagai alat reproduksi dan tempat keluarnya air seni.