Tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk Ion nitrat

Tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk

A. Senyawa nitrogen

B. Senyawa nitrit

C. Asam amino

D. Gas amenia

E. lon nitrat

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk Ion nitrat (E).

 

Pembahasan

Tumbuhan Berpembuluh

Tumbuhan berpembuluh adalah kelompok tumbuhan yang sudah memiliki sistem pembuluh yang jelas untuk menyalurkan unsur hara dari dalam tanah ke seluruh bagian tumbuhan.

Baca Juga:  Di dalam senam irama selalu diiringi musik dengan tujuan untuk

 

Selain itu, pembuluh pada tumbuhan juga berfungsi untuk menyalurkan hasil fotosintesis ke bagian tumbuhan yang lain. Tumbuhan berpembuluh juga sering disebut tumbuhan tingkat tinggi. Ini karena kelompok tanaman ini sudah memiliki daun, batang, dan akar sejati.

 

Berdasarkan struktur morfologi atau anatominya, tumbuhan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh. Susunan anatomi tubuh tumbuhan berpembuluh lebih kompleks dibandingkan dengan tumbuhan tidak berpembuluh.

Baca Juga:  Gerakan terakhir dalam lompat jauh adalah

 

Tumbuhan berpembuluh adalah kelompok yang meliputi tumbuhan paku (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

 

Pengertian Ion Nitrat

Ion nitrat merupakan salah satu ion yang dibutuhkan oleh tanaman. Di daerah yang banyak pohonnya ditebang, jumlah nitrat di dalam tanah lebih tinggi daripada di daerah yang banyak pohonnya karena tidak ada pohon atau tumbuhan yang menyerap nitrat itu sendiri.

 

Nitrat digunakan oleh tanaman dalam proses fotosintesis agar pohon atau tanaman menyerap nitrat yang cukup untuk dikonsumsi seumur hidupnya. Hal ini berdampak jika pohon tersebut hidup maka kandungan nitrat di dalam tanah cenderung berkurang karena terus menerus diserap oleh pohon.

Baca Juga:  Jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah

 

Sedangkan setelah pohon ditebang, mereka tidak lagi menyerap nitrat untuk kebutuhan hidup mereka, sehingga jumlah nitrat di tanah yang tidak ada pohon atau tumbuhan cenderung lebih tinggi. Selain itu, jika jumlah nitrat dalam tanah berlebihan, nitrat dapat mencemari air tanah.

 

Nitrat (NO3) sendiri merupakan unsur alami dan merupakan campuran antara nitrogen (N) dan oksigen (O). Nitrat sendiri dapat ditemukan di hampir semua tanaman atau sayuran dan di tanah tempat mereka tumbuh.