Manfaat kritik dan saran bagi seorang yang berpidato dapat digunakan untuk bahan evaluasi saat sedang berpidato sehingga dapat meningkatkan kualitas saat berpidato.

Jelaskan manfaat kritik dan saran bagi seorang yang berpidato

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jelaskan manfaat kritik dan saran bagi seorang yang berpidato

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Jelaskan manfaat kritik dan saran bagi seorang yang berpidato

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Manfaat kritik dan saran bagi seorang yang berpidato dapat digunakan untuk bahan evaluasi saat sedang berpidato sehingga dapat meningkatkan kualitas saat berpidato.

 

Pembahasan

Manfaat Mendengar Kritik Dan Saran Saat Berpidato

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil bila kamu mendengar kritik dan saran saat berpidato. Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga:  Sebelum debat dimulai harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat

 

  1. Bermanfaat sebagai bahan evaluasi diri

Seseorang membutuhkan orang lain untuk menilai dirinya agar lebih baik dalam berperilaku. Ini tidak berarti bahwa dia tidak mengenal dan menghargai dirinya sendiri, tetapi terkadang dia tidak menyadari bahwa tindakannya salah atau merugikan orang lain.

 

  1. Bermanfaat untuk introspeksi diri

Setelah menerima evaluasi dengan kritik dan saran dari orang lain. Kemudian seseorang dapat bercermin pada dirinya sendiri dengan memperbaiki kesalahan yang terjadi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Baca Juga:  Pendahuluan dalam proposal berisi

 

  1. Menghindari dari kesalahan yang fatal saat berpidato

Seseorang yang mau mendengar kritik dan saran dari orang lain akan terhindar dari kesalahan yang fatal. Misalnya mendapatkan kritik dan saran untuk bekerja lebih teliti, orang ini akan lebih berhati-hati dalam bekerja dan berusaha untuk tidak ceroboh yang dapat mengakibatkan blunder.

 

  1. Menjadikan bahan pertimbangan

Kritik dan saran dari orang lain dapat menjadi pertimbangan dalam memilih keputusan yang tepat agar tidak menyesal pada akhirnya. Itu juga dapat meningkatkan kualitas Anda karena Anda dapat menganalisis apa yang baik dan tidak baik untuk Anda. Selain itu, kritik dan saran orang lain juga bisa menambah wawasan baru dari sudut pandang lain yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

Baca Juga:  Proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fakta atau gejala khusus yang diamati lalu ditarik kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejala yang diamati disebut

 

  1. Bisa menjadikan berpikir logis dan tidak egois

Orang yang mau menerima kritik dan saran dari orang lain akan menjalani kehidupan yang lebih tenang, mampu berpikir logis, dan terhindar dari sikap egois. Hal ini karena ia ingin menerima masukan dari orang lain agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Dia mengerti bahwa kritik dan saran adalah untuk kebaikannya sendiri.