Seseorang yang mampu berpikir baru dan berbeda merupakan karakteristik kewirausahaan yang bercirikan Memiliki Kreativitas Tinggi

Seseorang yang mampu berpikir baru dan berbeda merupakan karakteristik kewirausahaan yang bercirikan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal seseorang yang mampu berpikir baru dan berbeda merupakan karakteristik kewirausahaan yang bercirikan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Seseorang yang mampu berpikir baru dan berbeda merupakan karakteristik kewirausahaan yang bercirikan

A. Selalu Perspektif

B. Memiliki Kreativitas Tinggi

C. Mandiri Atau Ketidaktergantungan

D. Motif Berprestasi Tinggi

E. Selalu Komitmen Dengan Pekerjaan​

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Seseorang yang mampu berpikir baru dan berbeda merupakan karakteristik kewirausahaan yang bercirikan Memiliki Kreativitas Tinggi (jawaban B)

 

Pembahasan

Karakteristik Kewirausahaan

Unsur sikap dan karakteristik yang wajib dimiliki oleh seorang wirausahaan adalah :

 

  1. Dorongan Yang Tinggi Untuk Berprestasi

Para ahli mengemukakan bahwa seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya motif tertentu yaitu motif berprestasi. Menurut Gede Anggan Suhanda (dalam Suryana, 2003:32) motivasi berprestasi merupakan suatu nilai sosial yang menekankan pada keinginan untuk mencapai yang terbaik guna mencapai kepuasan pribadi. Faktor utama adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Baca Juga:  Apa perbedaan bahan serat dengan serat

 

  1. Selalu Perspektif

Seorang entrepreneur haruslah menjadi orang yang mampu menatap masa depan dengan lebih optimis. Menatap ke depan dengan berpikir dan mencoba. Perusahaan memanfaatkan peluang dengan akun penuh. Orang yang berorientasi masa depan adalah orang yang memiliki pandangan dan perspektif tentang masa depan. Karena memiliki pandangan jauh ke depan, maka ia akan selalu berusaha berinisiatif dan berkarya (Suryana, 2003:23).

 

  1. Mempunyai Kreativitas Tinggi

Menurut Theodore Levitt, kreativitas adalah kemampuan memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda. Menurut Levitt, kreativitas adalah memikirkan sesuatu yang baru (thinking something new), dan karenanya kewirausahaan menurutnya adalah berpikir dan bertindak dengan sesuatu yang baru atau memikirkan sesuatu yang lama dengan cara yang baru.

 

  1. Memiliki Perilaku Yang Sangat Inovatif

Menjadi pebisnis handal memang tidak mudah. Namun tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang, karena semua orang belajar berwirausaha.

 

Menurut Bobby King, seorang pengusaha muda asal Australia yang telah menekuni bisnis sejak usia 18 tahun, ada tiga hal yang selalu dihadapi seorang pengusaha dalam bidang apapun, yaitu: pertama, hambatan; kedua, kesulitan (kesulitan); Ketiga, kehidupan yang sangat bermanfaat (penghargaan atau hasil kehidupan yang luar biasa). Dia tidak setengah-setengah dalam bekerja, dia berani mengambil resiko, dia bekerja keras, dan dia tidak takut menghadapi peluang di pasar.

Baca Juga:  Apa perbedaan Bahan Serat Alami dan Buatan

 

  1. Mandiri Atau Tidak Tergantung

Sesuai dengan hakikat kewirausahaan yaitu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (new and different creation) melalui berpikir kreatif dan kerja inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup, maka wirausaha harus memiliki kemampuan kreatif dalam mengembangkan ide dan gagasan, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dalam dirinya, Ia dapat mengelola usaha yang digelutinya secara mandiri tanpa harus bergantung pada orang lain,

 

Seorang wirausahawan harus selalu diminta untuk menciptakan hal-hal baru dengan menggabungkan sumber daya di sekitarnya, mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa baru secara lebih efisien, meningkatkan produk dan layanan yang ada, dan menemukan cara baru untuk memuaskan konsumen.

 

  1. Berani Mengambil Resiko

Richard Cantillon, orang pertama yang menggunakan istilah entrepreneur pada awal abad ke-18, mengatakan bahwa entrepreneur adalah orang yang berani mengambil resiko. Pengusaha seharusnya tidak mendasarkan tindakan mereka pada spekulasi, tetapi pada perhitungan yang tepat. Ia berani mengambil resiko dengan pekerjaannya karena sudah diperhitungkan.

Baca Juga:  Makanan yang dibuat khusus menggunakan resep baru berdasarkan pengolahannya disebut

 

  1. Selalu Mencari Peluang

Inti dari kewirausahaan adalah respon positif terhadap peluang keuntungan diri dan/atau pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dan masyarakat, cara yang etis dan produktif untuk mencapai tujuan, serta sikap mental untuk mencapai respon positif tersebut. Definisi ini juga mencakup pengusaha yang mencari keuntungan secara etis dan pengusaha yang bukan pengusaha, termasuk mereka yang menjalankan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk melayani pelanggan/masyarakat dengan lebih baik.

 

  1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Pengusaha sukses selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan. Dia selalu ingin tampil beda, pertama, menonjol. Dengan kemampuan kreatif dan inovatifnya, ia selalu menghadirkan barang dan jasa yang diproduksinya lebih cepat, lebih awal, dan segera di pasar. Itu selalu memperkenalkan produk dan layanan baru dan berbeda untuk menjadi pelopor yang baik dalam proses produksi dan pemasaran.