Coba kamu uraikan dengan singkat mengapa pergerakan nasional pada tahun 1930 menjadi lebih moderat

Coba kamu uraikan dengan singkat mengapa pergerakan nasional pada tahun 1930 menjadi lebih moderat

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal coba kamu uraikan dengan singkat mengapa pergerakan nasional pada tahun 1930 menjadi lebih moderat

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Coba kamu uraikan dengan singkat mengapa pergerakan nasional pada tahun 1930 menjadi lebih moderat

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Masa moderat atau kooperasi terjadi pada tahun 1930 sampai 1942 , dimana pergerakan bangsa Indonesia mulai mengandalkan berbagai organisasi.

 

Dalam melawan Belanda juga bisa dibilang lebih kooperatif dan mau bekerjasama asal memberikan keuntungan bagi bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan karena pada masa moderat pihak Belanda juga sudah mulai melunak dan mulai bekerjasama dengan Indonesia karena berbagai alasan. Banyak organisasi yang terbentuk pada masa ini misalnya Partindo, PNI Baru, Partai Indonesia Raya (Parindra) dan beberapa organisasi lainnya.

Baca Juga:  Sebutkan peristiwa penting yang terjadi menjelang proklamasi kemerdekaan

 

Pembahasan

Periode pergerakan bangsa Indonesia melawan penjajah, secara garis besar dibagi menjadi tiga periode, yaitu periode awal pergerakan nasional, periode radikal dan terakhir periode moderat atau kooperatif.

 

Periode awal pergerakan nasional berlangsung dari tahun 1908 sampai dengan tahun 1920 dimana pada periode tersebut banyak lahir organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan yang akhirnya menjadi organisasi pergerakan melawan penjajahan. Banyak organisasi yang didirikan pada periode ini, misalnya Budi Utomo, Sarekat Islam, Muhammadiyah dan Indische Partij (IP).

Baca Juga:  Pendekatan struktur dan fungsional melihat potret masyarakat dalam keadaan waktu tertentu atau terbatas merupakan gambaran pendekatan yang bersifat

 

Setelah periode awal kemudian dilanjutkan dengan periode radikal dimana periode ini terjadi pada tahun 1920 sampai dengan tahun 1930. Disebut radikal karena pada periode tersebut bentuk perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah mulai keras atau radikal dimana banyak perjanjian dengan pemerintah Belanda ditolak, bahkan tidak jauh karena bentuk perlawanan ini. menimbulkan kekacauan hingga menimbulkan perang.

 

Waktu Terjadinya Masa Moderat Pergerakan Nasional

Dikutip dari buku Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia karya Andriyanti, (2022) periode terakhir merupakan periode moderasi atau periode kerjasama. Masa moderat atau kooperatif terjadi pada tahun 1930 hingga 1942, ketika pergerakan bangsa Indonesia mulai bertumpu pada berbagai organisasi.

Baca Juga:  Tuliskan tokoh yang merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

 

Melawan Belanda bisa dibilang mereka lebih kooperatif dan mau bekerja sama asalkan memberi manfaat bagi rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan pada masa moderat Belanda juga mulai melunak dan mulai bekerjasama dengan Indonesia dengan berbagai alasan. Pada periode ini banyak dibentuk organisasi, misalnya Partindo, PNI Baru, Partai Indonesia Raya (Parindra) dan beberapa organisasi lainnya.

 

Demikianlah pembahasan mengenai masa moderat atau koperasi yang terjadi pada tahun 1930 hingga sebelum kemerdekaan yaitu tahun 1942.