Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

A. Letak kutub magnet bumi berada di kutub utara bumi

B. Letak kutub utara bumi berada di sekitar kutub utara bumi

Baca Juga:  Ketinggian gunung puncak Himalaya sekitar 10 km diatas permukaan laut, sedangkan ketinggian puncak semeru sekitar 4 km . Berapakah kisaran tekanan udara dikedua puncak tersebut?

C. Letak kutub bumi berada di kutub magnet bumi

D. Letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena Letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi (jawaban D)

 

Pembahasan

Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain dengan gaya magnet. Daerah sekitar magnet yang dipengaruhi gaya magnet disebut medan magnet.

Baca Juga:  Perubahan fisika yang terjadi pada proses kimia dapat diamati dari perubahan

 

Magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Kutub-kutub magnet yang senama (sesama kutub utara atau sesama kutub selatan) bila didekatkan akan tolak menolak, sedangkan kutub-kutub magnet yang berbeda nama (kutub utara dan kutub selatan) bila didekatkan akan tarik menarik.

 

Bumi memiliki medan magnet bumi yang kuat, yang digunakan berbagai makhluk hidup sebagai penunjuk arah. Medan magnet bumi dihasilkan oleh gerakan arus konveksi dari campuran besi cair dan nikel yang sangat panas di inti terluar bumi.

Baca Juga:  Energi kinetik sebuah helium pada suhu 27°c adalah

 

Pada Bumi, kutub utara magnet bumi berada di Kutub Selatan Bumi (di benua Antartika) sementara kutub selatan magnet bumi berada di Kutub Utara Bumi (di Samudera Arktik)

 

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena adanya interaksi antara kutub magnet dengan medan magnet Bumi. Kutub Utara magnet pada kompas akan tertarik oleh kutub selatan magnet bumi dan menunjuk ke arah utara.