Proses pernapasan pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

Proses pernapasan pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal proses pernapasan pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Proses pernapasan pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

 

Sistem pernapasan pada manusia adalah sekelompok organ yang terlibat dalam proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam darah. Seseorang dapat dikatakan memiliki laju pernapasan yang normal jika bernapas 12-20 kali per menit pada saat istirahat dan berlangsung terus menerus.

Baca Juga:  Tekanan darah pada manusia memiliki prinsip kerja yang sama dengan

 

Berikut ini adalah cara kerja sistem pernapasan pada manusia:

  1. Saat menarik atau menarik napas, diafragma dan otot di antara tulang rusuk akan berkontraksi dan rongga dada mengembang sehingga paru-paru dapat mengembang dan terisi udara.
  2. Udara masuk melalui hidung dan mulut, kemudian melewati proses penyaringan partikel-partikel kecil oleh bulu-bulu hidung, kemudian masuk ke trakea atau batang tenggorokan.
  3. Udara dari trakea masuk ke paru-paru melalui saluran pernapasan yang disebut bronkus dan bronkiolus, kemudian berakhir di alveoli.
  4. Saat udara mencapai alveoli, terjadi proses pertukaran antara oksigen dan karbondioksida dalam pembuluh darah kecil yang disebut kapiler.
  5. Oksigen masuk ke dalam kapiler, lalu menumpang sel darah merah menuju jantung untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Pada saat yang sama, karbon dioksida masuk dari kapiler ke dalam rongga paru-paru.
  6. Setelah pertukaran oksigen dan karbon dioksida selesai, otot diafragma dan tulang rusuk mengendur dan rongga dada kembali normal. Udara yang mengandung karbon dioksida didorong dari alveoli ke bronkiolus, bronkus, trakea, dan keluar melalui hidung.
Baca Juga:  Ciri pernapasan dada pada waktu inspirasi adalah