Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa Pemindahanbukuan jurnal pembelian telah dilakukan

Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa

Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa

A. Pemindahanbukuan jurnal pembelian telah dilakukan

B. Pemindahanbukuan jurnal pembelian belum dilakukan

C. Semua transaksi telah dibukukan ke dalam jurnal pembelian

D. Semua transaksi telah dipindahbukukan ke buku piutang

E. Semua transaksi belum dipindahbukukan ke buku piutang

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa Pemindahanbukuan jurnal pembelian telah dilakukan (jawaban A)

Baca Juga:  Pasar bebas yang diterapkan di kawasan asia tenggara disebut dengan

 

Pembahasan

Pengertian Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan

Jurnal pembelian adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat semua transaksi dari pembelian barang dagangan secara kredit atau pembelian yang menimbulkan kewajiban atau hutang kepada supplier.

 

Sedangkan jurnal penjualan merupakan jurnal yang digunakan untuk mencatat kegiatan transaksi penjualan baik secara tunai maupun secara kredit.

 

Cara Mencatat Jurnal Pembelian dan Penjualan

Cara mencatat jurnal pembelian adalah sebagai berikut:

  1. Pembelian barang dagangan atau barang lainnya secara tunai akan dicatat dalam jurnal pengeluaran kas, sedangkan pembelian secara kredit akan dicatat pada akun debet pembelian dan kredit pada akun hutang dagang. Jika transaksi ini terjadi berulang kali, lebih praktis menyediakan kolom khusus untuk pembelian dan hutang dagang.
  2. Untuk pembelian barang lain secara kredit, misalnya untuk pembelian peralatan dan peralatan produksi, dicatat pada kolom debet akun peralatan dengan kredit utang usaha. Dan jika transaksi terjadi berulang kali, dapat dibuatkan kolom tersendiri untuk perlengkapan.
  3. Untuk pembelian barang lain yang tidak berulang, tidak perlu dibuatkan kolom khusus, cukup untuk menampung kolom serba-serbi.
Baca Juga:  Saat menimbang barang dagangan sebaiknya bersikap

 

Cara pencatatan jurnal penjualan adalah sebagai berikut:

  1. Jurnal penjualan hanya mencatat piutang usaha, sehingga penjualan yang dilakukan secara tunai tidak dicatat.
  2. Pada dasarnya penjualan yang dilakukan secara tunai akan dicatat dalam akun jurnal penerimaan kas, namun dalam praktek yang sering dijumpai, masih ada sebagian orang yang menggabungkan penjualan tunai dalam akun jurnal penjualan.
  3. Bagi Anda yang ingin meninjau dan melihat saldo yang sudah tercatat di buku besar, Anda bisa melihat informasinya di jurnal penjualan. Anda dapat melihat salinan invoice tersebut dengan mencari nomor invoice yang tertera di jurnal penjualan.
Baca Juga:  Mengapa perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas usaha