Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut

Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut

A. kronik

B. diakronik

C. sinkronik

D. interpretasi

E. periodisasi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

DAFTAR ISI

Jawaban

Kronik (jawaban A)

 

Pembahasan

Dalam ilmu sejarah, dikenal istilah kronologi, kronik, dan sinkronik. Ketiganya berkaitan dengan waktu dalam penyusunan dan pencatatan sejarah.

Baca Juga:  Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan

 

Kronik adalah catatan peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu yang dibuat penulis, pujangga, dan filsuf pada zaman tertentu dan dijadikan dasar penelitian sejarah.

 

Kronik bermanfaat untuk menyusuri kebenaran fakta yang terjadi pada masa tertentu berdasarkan tulisan, catatan, serta tuturan kisah yang pernah terjadi, dan memetik pelajaran darinya. Contohnya yaitu intrik politik dalam kerajaan, keberhasilan raja dalam mensejahterakan warganya, dan tidak menjajah.

Baca Juga:  Pembabakan dan pengklasifikasian peristiwa-peristiwa dalam sejarah disebut dengan

 

Kronologi adalah ilmu bantu untuk menentukan waktu terjadinya suatu peristiwa dan tempat peristiwa secara tepat berdasarkan urutan waktu. Konsep kronologi penting bagi ilmu sejarah karena menggambarkan proses sejarah.

 

Sinkronik adalah segala hal terkait peristiwa sejarah dan bagaimana mempelajari atau mengkaji pola, gejala, serta karakter peristiwa sejarah di masa tertentu.

Baca Juga:  Mengapa keanggotaan sarekat dagang islam terbatas