Mengapa perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas usaha

Mengapa perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas usaha

Dalam artikel ini akan memberikan ulasan dan kunci jawaban soal mengapa perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas usaha

 

Nah, untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pembahasan soalnya dibawah ini

 

Soal

Mengapa perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas usaha

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Karena produktivitas produk atau permintaan produk yang dijual akan semakin bertambah sejalan dengan luasnya jangkauan pemasaran suatu negara terhadap perdagangan internasional yang dilakukan dalam mencukupi kebutuhan pasar.

 

Selain itu dengan adanya perdagangan internasional memungkinkan suatu negara mengimpor alat-alat atau mesin-mesin yang lebih baik dari negara lain. Kondisi ini akan meningkatkan produktivitas negara tersebut karena kemampuan menggunakan teknik produksi dan manajemen yang lebih modern

Baca Juga:  Orang atau badan yang berperan dalam kegiatan ekonomi disebut

 

Pembahasan

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan antar negara. Perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara yang tidak terdapat di negara tersebut, tetapi terdapat di negara lain.

 

Dengan adanya perdagangan internasional, hal ini menandakan adanya kerjasama jual beli perdagangan antar negara yang berbeda untuk saling memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

 

Produktivitas produk atau permintaan produk yang dijual akan meningkat sejalan dengan luasnya jangkauan pemasaran suatu negara terhadap perdagangan internasional yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Peningkatan ini otomatis akan menambah cadangan devisa negara.

Baca Juga:  Lembaga yang didirikan pemerintah sebagai ujung tombak promosi dagang indonesia adalah

 

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perdagangan Internasional

Ada beberapa faktor yang mendorong kegiatan perdagangan internasional ini, yaitu:

  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. setiap negara memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbeda, tentunya negara berkembang harus banyak belajar dari negara maju dengan cara membeli dan meneliti teknologi yang dimiliki oleh negara maju.
  • Adanya sistem kebebasan ekonomi atau pasar bebas. Dengan sistem ini dapat mendorong produsen lokal untuk memperkenalkan produk berkualitas tinggi ke mancanegara, dengan hal tersebut dapat berpotensi meningkatkan kekayaan atau pendapatan negara.
  • Kekayaan berbagai sumber daya alam dari berbagai negara. karena letak geografis yang berbeda, tentu saja sumber daya di beberapa negara langka dan hanya terdapat di negara lain, misalnya seperti rempah-rempah, orang Eropa sangat sedikit menghasilkan rempah-rempah, oleh karena itu diperlukan impor ke negara-negara yang berada di garis khatulistiwa yang mana kaya akan rempah-rempah seperti Indonesia.
Baca Juga:  Mengapa kita harus memperhatikan pesaing bisnis kita dalam menentukan harga

 

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional juga memiliki beberapa manfaat, berikut adalah manfaatnya:

  • Memperkuat hubungan antar negara.
  • Mendatangkan devisa.
  • Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
  • Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Perluasan kesempatan kerja.